Manfaat Bunga Lidah Mertua

"Bunga Lidah Mertua Baik di Taruh di Dalam Ruangan"


tanggal post : 05 August 2022
"Bunga Lidah Mertua Baik di Taruh di Dalam Ruangan"

"Bunga Lidah Mertua Baik di Taruh di Dalam Ruangan"

Lidah mertua masuk ke dalam genus Dracaena dan merupakan famili Asparagaceae. Tapi nama Sansevieria sendiri ternyata berasal dari Sanseverinia yang diberikan oleh seorang ilmuwan bernama Vincenzo Petagna. Tanaman lidah mertua termasuk jenis house plant alias cocok banget diletakkan di area sekitar rumah, baik itu dalam maupun luar. Perawatannya juga tergolong sangat mudah, misalnya saja untuk pencahayaan, bisa diletakkan di area dengan cahaya minim, sedang, hingga terang. Sedangkan untuk pengairan, bisa dilakukan ketika tanah benar-benar kering.

Untuk temperatur dan kelembapan, cenderung nggak terlalu berpengaruh. Jadi hampir setiap kota di Indonesia cocok untuk tempat tumbuh tanaman satu ini.

Manfaat Lidah Mertua

  1. Untuk memproduksi oksigen tambahan, Tanaman ini bekerja dengan cara menyerap racun dan mengeluarkan oksigen ke lingkungan di sekitarnya. Hal ini secara nggak langsung tentu menjadikan udara di dalam ruangan menjadi lebih segar. Kalau kamu masih pemula dalam hal tanaman hidup, pilih saja tanaman lidah mertua berukuran kecil. Letakkan di dalam pot warna putih atau pot terakota di beberapa area yang cenderung tertutup misalnya saja dapur atau ruang keluarga.

  2. Berfungsi sebagai penjernih udara, dengan menyerap karbon monoksida yang ada di dalam ruangan, kemudian melepaskan oksigen setelah sebelumnya memfilter beberapa ‘racun’ di dalam udara seperti formaldehyde, xylene, benzene, dan juga trichloroethylene. 

  3. Membantu mengurangi polusi di luar ruangan, Selain bisa jadi tanaman penghias rumah yang cantik, Sansevieria ini juga cocok diletakkan di luar ruangan. Kamu bisa langsung menanam lidah mertua di atas tanah tanpa perlu meletakkannya di pot. Saat tumbuh besar, tanaman berdaun keras ini bisa juga berfungsi sebagai ‘pagar’ atau pembatas di area halaman.kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan menangkal polusi di luar ruangan masih tetap efektif. Jadi kalau kamu punya rumah di pinggir jalan, menanam banyak tanaman lidah mertua bisa jadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi di area lingkungan sekitar rumah.

  4. Membantu mencegah alergi, Kalau ada anggota keluarga yang rentan terkena alergi atau sensitif dengan udara kotor, tanaman lidah mertua bisa menjadi solusi terbaik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tanaman satu ini memproduksi banyak kandungan oksigen sehingga secara tidak langsung menjadikan udara jadi lebih bersih.

Untuk bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal, pastikan teknik penanaman dan perawatan lidah mertua dilakukan dengan benar.Penggunaan pupuk organik juga dapat dilakukan sebagai cara merawat tanaman lidah mertua. Hal ini tentunya untuk membuat tanaman lidah mertua dapat tumbuh dengan baik. Pupuk organik akan terurai dalam waktu cukup lama, sehingga lebih cocok pada tanaman lidah mertua yang tidak terlalu menyukai kondisi lembap. Jadi kamu tidak perlu sering-sering memberikan pupuk pada lidah mertua di rumah. Agar tanaman tidak layu akibat kelebihan nutrisi yang diserapnya.


Artikel Terkait

Viewer : 1 User: