Kesehatan

Motivasi Diet Untuk Mencapai Berat Badan Ideal


tanggal post : 22 July 2022
Motivasi Diet Untuk Mencapai Berat Badan Ideal

Motivasi Diet Untuk Mencapai Berat Badan Ideal

Tidak sedikit orang yang memegang prinsip ‘diet selalu dimulai besok’ sehingga mereka tidak kunjung memiliki bentuk tubuh ideal yang diinginkan. Diet menurunkan berat badan memang butuh komitmen, bukan hanya program terstruktur, melainkan juga motivasi diet agar Anda konsisten menjalani program tersebut. Motivasi diet setiap orang mungkin berbeda-beda. Kebanyakan orang biasanya memulai diet setelah divonis mengidap penyakit tertentu oleh dokter sehingga harus menurunkan berat badan agar kondisinya tidak semakin parah.

Meskipun demikian, tidak jarang pula orang ingin diet karena alasan sederhana, seperti ingin memakai celana lama atau bercita-cita main dengan cucu di hari tua. Motivasi diet inilah yang akan menjaga komitmen Anda untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

1. Tetapkan target jangka pendek

Tips pertama untuk mempertahankan motivasi diet adalah dengan membuat target realistis jangka pendek. Misalnya, cobalah menetapkan target sebanyak 4 kg per bulan daripada ingin cepat-cepat menurunkan 20 kg sekaligus. Target jangka pendek ini akan menjaga kepercayaan diri bahwa program diet yang sedang dijalani memang menghasilkan perubahan yang nyata. Anda pun kian termotivasi untuk meneruskan diet.

2. Turunkan berat badan secara perlahan

Anda mungkin tergoda dengan hasil diet para artis atau selebgram yang mampu menurunkan hingga 10 kg dalam sebulan. Namun percayalah bahwa penurunan berat badan yang terlalu drastis juga tidak baik bagi kesehatan, setidaknya malah lebih rawan membuat Anda kembali gemuk di kemudian hari.Para ahli memang menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan secara perlahan, yakni sekitar 1 kg per minggu atau 4-5 kg per bulan. Penurunan yang bertahap ini juga akan membuat Anda tidak perlu memangkas kalori terlalu banyak, sehingga idak akan merasa kelaparan selama diet.

3. Kontrol keinginan cheating

Cheating alias mengonsumsi makanan yang tinggi kalori tidak masalah bila dilakukan sesekali. Berat badan Anda pun akan sedikit naik setelah melakukannya. Hanya saja, Anda harus tetap berpaku pada motivasi diet agar tidak terus-menerus melakukan cheating sehingga berat badan menjadi naik tidak terkontrol.

4. Bergerak aktif

Selain mengatur pola makan, diet yang baik juga harus membuat Anda bergerak aktif. Anda bisa mencoba berbagai jenis olahraga, mulai dari aerobik atau kardio, bersepeda, jogging, atau zumba dan jenis olahraga lain yang diiringi musik.

5. Pilih program diet jangka panjang yang realistis

Setiap orang punya program diet yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Ada yang berhasil menurunkan berat badan hanya dengan mengatur pola makan. Namun beberapa orang harus menambahnya olahraga. Selain itu, konsumsi suplemen atau obat tertentu sesuai rekomendasi dokter juga mungkin diperlukan.

Diet itu bukan semata-mata untuk kurus, tapi untuk menuju berat badan ideal dan sehat. Setiap orang memiliki berat badan ideal yang berbeda. Diet tidak akan memperlihatkan hasil hanya dalam waktu satu malam.Butuh perjuangan yang lama sampai Anda mendapatkan berat ideal dan keluar dari status kegemukan maupun obesitas. Jangan menyerah dan jadikan motivasi diet sebagai bahan bakar untuk mencapai target tersebut.

 

https://www.sehatq.com/artikel/motivasi-diet-dan-cara-menjaganya-demi-tubuh-yang-ideal

 


Artikel Terkait

Viewer : 100 User: