Education

Belajar Bahasa Inggris yang Efektif


tanggal post : 28 July 2022
Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang saat ini digunakan secara luas dalam komunikasi global. Oleh karena itu, menguasai bahasa Inggris akan sangat membantu dalam berbagai aspek kehidupan.

  • Membaca cerita berbahasa Inggris

Membaca, tidak diragukan lagi, adalah cara yang sangat efektif untuk belajar bahasa Inggris. Namun ada teknik dalam membaca agar dapat menyenangkan. Pilihlah materi bacaan mulai dari yang ringan dan mudah dipahami seperti cerita ataupun dongeng. Ada banyak dongeng yang sudah sangat familiar alur ceritanya, sehingga membaca versi bahasa Inggris-nya tidak akan membuat anda mengerinyatkan dahi.

  • Menyaksikan berita dalam bahasa Inggris

Saat ini, sudah sangat mudah untuk mengakses berita dalam bahasa Inggris. Berbagai website telah menghadirkan berita dari berbagai belahan dunia dalam bahasa Inggris ke dalam genggaman tangan kita. Kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk meningkatkan kemampuan bahsa Inggris kita.

  • Berkomunikasi dengan native speaker

Untuk menumbuhkan percaya diri dalam belajar bahasa Inggris, silakan coba tips ini; berkomunikasilah dengan native speaker sesuai dengan bidang ataupun hobi anda masing-masing. Jika anda memiliki hobi merawat tanaman hias, misalnya, carilah seseorang di negara berbahasa Inggris yang memiliki hobi yang sama di instagram, facebook ataupun social media lainnya lalu bukalah percakapan dengannya tentang hobi tersebut.

  • Belajar bahasa Inggris bersama teman

Tidak ada yang lebih menyenangkan saat belajar selain memiliki teman yang turut mendukung kita. Teman juga bisa mengingatkan kita saat kita sedang lalai, dan bisa memotivasi kita saat kita sedang down.

 

  • Tips unik belajar bahasa Inggris: bayangkan diri anda sebagai native speaker

Jika anda ingin kemampuan anda dalam berbahasa Inggris serupa dengan native speaker, maka salah satu caranya adalah dengan membayangkan diri anda sebagai native speaker. Maksudnya? Seorang native speaker tentunya dia berbicara, menulis, mendengar dan membaca dalam bahasa Inggris dan tidak memahami bahasa lainnya. Dengan kata lain, selama proses belajar, janganlah berbicara, menulis, mendengar ataupun membaca kecuali dalam bahasa Inggris.Tentu hal ini terasa berat di awal. Namun, jika sudah terbiasa, akan menyenangkan.

  • Buat planning untuk ke luar negeri

Supaya ada tantangan, rencanakan perjalanan ke luar negeri. Perjalanan tersebut bisa untuk melanjutkan studi, melakukan bisnis, ataupun menyaksikan kebesaran pencitaan Allah yang terbentang di berbagai belahan dunia.

http://unida.gontor.ac.id/tips-belajar-bahasa-inggris-menyenangkan-dan-efektif/


Artikel Terkait

Viewer : 2 User: