Self Improvement

Jangan Biasakan Bergantung pada Orang Lain


tanggal post : 06 June 2022
Jangan Biasakan Bergantung pada Orang Lain

Memang pada hakikatnya manusia itu makhluk sosial yang senantiasa saling membutuhkan. Namun bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik. Apalagi jika terlalu bergantung pada orang lain, kamu pasti akan merasakan akibat buruknya.

Berikut Mengapa kamu tidak boleh bergantung kepada orang lain

  1. Terlalu bergantung kepada orang lain itu mencerminkan dirimu yang belum dewasa

Jika terlalu bergantung pada orang lain, kamu akan susah untuk tumbuh menjadi manusia dewasa. Hal itu karena kamu terlalu menggantungkan segalanya kepada orang lain yang sejatinya tidak paham terkait bagaimana dirimu.

Ingatlah kalau manusia itu harus bersikap adaptif agar tetap hidup. Oleh karena itu, mulai sekarang berhenti aja deh dari kebiasaan suka bergantung kepada orang lain.

  1. Yang bisa menciptakan kebahagiaan diri adalah kamu sendiri

Kamu pasti menginginkan hidup yang dipenuhi kebahagiaan, bukan? Kebanyakan dari kalian pasti susah untuk mendapatkan hal itu karena terlalu bergantung pada kehidupan orang lain. Ingatlah bahwa yang bisa menciptakan kebahagiaan diri adalah kamu sendiri.

  1. Kamu tidak akan bisa hidup jika orang tersebut telah pergi

Coba bayangkah deh ketika orang yang kamu andalkan itu tiba-tiba pergi. Pasti kamu akan susah untuk beradaptasi di kehidupan yang independen. Hal itu tentunya akan membuat hidupmu menjadi susah untuk bangkit akibat sikapmu yang terlalu berlebihan. Sebelum hal itu terjadi, coba deh untuk melatih kemandirian mulai dari sekarang. Ingatlah bahwa kamu itu perlu meningkatkan kualitas diri agar bisa survive di kehidupan yang cukup memberatkan ini.

  1. Dengan terlalu bergantung, kamu rawan dimanfaatkan

Ingatlah bahwa tidak semua manusia itu pasti bersikap baik. Pasti ada orang-orang yang memiliki niat buruk untuk menjatuhkanmu. Hal itu akan semakin besar risikonya jika kamu terlalu menggantungkan hidup kepada orang lain. Mereka pasti akan menganggap bahwa dirinya telah berjasa sehingga memperlakukanmu seenaknya.

  1. Kamu akan susah untuk tumbuh menjadi manusia seutuhnya

Setiap orang memang ditutut untuk bisa mengembangkan skill dan kualitas dirinya. Hal itu bertujuan agar kamu bisa menjadi manusia seutuhnya. Manusia seutuhnya di sini itu memiliki arti ketika kamu sudah bisa memahami terkait seluk beluk kehidupan. Hal tersebut tentunya tidak akan didapatkan jika kamu terlalu banyak bergantung pada orang lain. Kamu pasti akan terjebak di zona nyaman yang tidak menuntutmu untuk bisa mengembangkan diri. Karena pada dasarnya manusia adalah mahluk yang egois. Manusia tidak ada yang benar-benar peduli pada orang lain. Kebanyakan akan berfokus memprioritaskan dirinya sendiri. Ketika bergantung pada orang lain, anda mengharapkan orang untuk memprioritaskan atau menganggap anda penting, yang akhirnya justru hanya akan mengecewakan diri sendiri ketika mereka tidak bisa memberikan atau melakukan apa yang anda mau. Ketika bergantung terlalu banyak, menurut saya artinya sama dengan anda berharap terlalu banyak juga pada orang. Dan seringkali, menaruh harapan lebih hanya berujung pada kekecewaan.


Artikel Terkait

Viewer : 93 User: