Self Improvement

Revenge Bedtime Procrastination: Fenomena Menunda Waktu Tidur


tanggal post : 11 May 2022
Revenge Bedtime Procrastination: Fenomena Menunda Waktu Tidur

11 Mei

Pernah merasa lelah karena melakukan banyak aktivitas seharian? Lantas ketika hendak tidur, kamu justru asyik bermain smartphone? Jika kamu mengalaminya, artinya kamu sedang berada pada kondisi revenge bedtime procrastination.

Apa itu Revenge Bedtime Procrastion

Revenge bedtime procrastination (RBD) adalah sebuah fenomena di mana seseorang menggunakan waktu tidur untuk ‘balas dendam’ dan melakukan hal-hal yang disukai untuk diri sendiri. Hal ini biasa terjadi karena seseorang sibuk beraktivitas atau bekerja di siang hari, sehingga tidak memiliki waktu untuk bersantai atau melakukan hal-hal yang disukai.

Menunda waktu tidur tentu memberikan dampak negatif. Beberapa dampak yang mungkin dialami seseorang yang melakukan RBD adalah anxiety, depresi, kesulitan berkonsentrasi, mengalami tekanan darah yang tinggi, memiliki resiko masalah jantung, mengalami kenaikan berat badan dan melemahnya daya ingat.

 

Cara Mencegah Revenge Bedtime Procrastination

Untuk mencegah hal tersebut, berikut Sketsa berikan beberapa tips agar kamu dapat mengatasinya.

1. Jadikan tidur sebagai prioritas

Jika ingin memiliki waktu istirahat yang lebih baik, maka sudah seharusnya tidur menjadi prioritasmu. Buatlah mindset bahwa tidur tepat waktu adalah hal penting, sebab hal tersebut dapat menambah energi untuk melakukan aktivitas di keesokan harinya.

2. Membiasakan diri untuk memiliki tidur yang baik

Kualitas tidur tentu menjadi hal penting. Beberapa hal atau upaya yang dapat meningkatkan kualitas tidur adalah dengan memiliki waktu tidur dan waktu bangun yang konsisten. Tak hanya itu, dengan tidak mengkonsumsi kafein di sore atau malam hari maka tidurmu akan jadi lebih nyaman.

3. Lakukan penyusunan jadwal

Banyaknya aktivitas menjadi akar paling penting dari RBD, sehingga dirimu perlu memperhatikan tuntutan pekerjaan yang sedang dilakukan. Mulai sekarang, cobalah untuk kurangi hal-hal yang tidak penting atau yang menghabiskan hampir seluruh waktumu. Jika aktivitas tersebut tidak membuatmu bahagia, hentikan saja. 

4. Luangkan waktu untuk melakukan ‘me time’

Jika kamu memotong atau menghentikan aktivitas yang membuat dirimu tidak nyaman, maka secara otomatis kamu akan memiliki waktu luang. Gunakanlah waktu tersebut untuk melakukan hal yang kamu suka atau nikmati selagi istirahat bersama anggota keluarga atau teman terdekat.

5. Matikan perangkat digital

Seseorang yang mengalami RBD akan terus menjelajahi media sosial sembari berbaring di tempat tidur. Daripada melakukan hal itu, mulailah lakukan relaksasi yang dapat membuat diri kamu mengantuk. Lakukan peregangan ringan, meditasi atau membaca buku.

Nah, itulah lima tips yang dapat kami rangkum untuk kamu. Perlu diingat, tidur adalah salah satu kebutuhan fisiologis yang harus dipenuhi. Jadi, jangan sampai kamu kurang tidur karena ingin balas dendam, ya!

 

 

 

 

 

 

 


Artikel Terkait

Viewer : 24 User: