Self Improvement, Tips, Informasi

Kamu Kurang Percaya Diri? Ini Cara Menghadapi Insecure!


tanggal post : 09 March 2022
Kamu Kurang Percaya Diri? Ini Cara Menghadapi Insecure!

Pernah tidak kamu merasa insecure? Insecure adalah sebuah perasaan yang tidak nyaman atas diri sendiri dan merasa kurang percaya diri. Perasaan ini biasa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak sampai orang dewasa. Biasanya perasaan insecure disebabkan oleh dua faktor, yaitu diri sendiri dan orang lain. Orang biasanya akan insecure karena wajahnya, penampilannya, dan juga kehidupan orang lain.

Beberapa orang bisa mengatasi rasa insecure sebelum jauh lebih buruk, tapi ada juga orang-orang yang memiliki insecure dalam waktu lama sehingga berdampak buruk pada kehidupannya. 

1. Berpikir positif 

Pada saat membuat kesalahan, kita akan lebih mudah menyalahkan diri sendiri. Padahal hal itu hanya akan membuatmu terus berpikir negatif dan membenci dirimu sendiri. Cobalah untuk tetap berpikir positif dan memaafkan dirimu sendiri atas kesalahan yang telah kamu lakukan, belajarlah dari pengalaman itu.

2. Menjauhi teman toxic

Di sekitar kita selalu ada teman-teman toxic yang sering membuat diri menjadi insecure. Berteman dengan teman toxic hanya akan membuat kita selalu insecure dan berpikiran negatif. Jika kamu masih mempunyai teman toxic, jauhilah mereka demi kesehatan mentalmu. Kalau kamu butuh masukan dan juga dukungan, mintalah kepada orang-orang yang selalu mendukungmu dan bisa memberikan kata-kata yang positif.

3. Berbicara dengan orang yang menghargai kamu

Pada saat kamu merasa insecure, cobalah untuk bercerita dengan orang-orang yang selalu menghargai dirimu agar dapat mengatasi rasa insecure. Misalnya, sahabat atau siapapun yang bisa memahami keadaanmu dan mereka yang tidak mudah menghakimi kamu. Jadi jika kamu mempunyai masalah, kamu bisa meminta bantuan mereka.

4. Kurangi menggunakan sosial media

Jika kamu sering membandingkan dirimu dengan orang lain dengan yang apa kamu lihat di sosial media, maka cobalah kurangi membuka sosial media. Dengan begitu, kamu akan bisa fokus terhadap kehidupanmu dan tidak suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain lagi. Jangan lupa untuk selalu mensyukuri apa yang sudah kamu miliki.

5. Lakukan hal yang kamu sukai

Lakukanlah apa saja yang kamu sukai yang bisa membuat kamu menjadi bahagia. Kamu bisa melakukan hobi yang kamu sukai dan cobalah untuk berolahrga, seperti yoga agar menjadi lebih tenang. Memakan makanan bernutrisi juga bisa mengembalikan mood-mu, dan kamu juga dapat memperbaiki penampilanmu untuk menambah kepercayaan diri.

Source:

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/12/23/134017/kurang-percaya-diri-ini-5-cara-menghadapi-rasa-insecure


Artikel Terkait

Viewer : 62 User: