Wisata, Travel, Indonesia

Wisata Favorit di Surabaya


tanggal post : 10 December 2021
Wisata Favorit di Surabaya

Saat kamu berkunjung ke kota cantik ini, tentunya kamu harus mengunjungi destinasi wisata yang menjadi favorit banyak orang. Apa saja sih?

1. Wisata Religi Sunan Ampel

Wisata religi Sunan Ampel, adalah salah satu destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung terutama di bulan suci Ramadhan. Banyak yang datang ke tempat ini untuk melakukan ziarah ke makam Sunan Ampel, beribadah di Masjid Agung Sunan Ampel, berburu kuliner dan berbelanja pernak-pernik khas Timur Tengah di Kampung Arab.

2. House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah pabrik rokok pertama di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 1858. Dulu, bangunan ini diffungsikan sebagai panti asuhan khusus laki-laki oleh Jonges Weezen Inrichting. Lalu bangunan tersebut dibeli oleh Liem Seeng Tee pada tahun 1932 yang kemudian dialih fungsikan sebagai rumah produksi rokok dengan merek dagang Dji Sam Soe hingga saat ini.

Tempat ini sendiri memiliki beberapa fasilitas seperti museum di lantai 1 yang berisi peralatan yang digunakan untuk memproduksi rokok di zaman dahulu. Lantai 2, memiliki toko souvenir yang menjual pernak-pernik seperti batik, kerajinan tangan, buku, kaos, dll. Di lantai ini kamu dapat menyaksikan langsung proses ‘ngelinting’ rokok secara manual yang dilakukan oleh 400 orang. House of Sampoerna juga memiliki galeri seni dan café bagi kamu yang tertarik.

3. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan monumen bersejarah di Kota Surabaya yang didirikan sebagai penghormatan peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Tugu ini didirikan pada tanggal 10 November 1951 dan diresmikan pada tanggal 10 November 1952.

Tinggi monumen ini adalah 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia.

4. Museum 10 November

Museum 10 November dibangun untuk mendukung dan memperkuat keberadaan Monumen Tugu Pahlawan. Lahan yang digunakan adalah tanah bekas markas polisi militer Jepang yang dikenal dengan Raad Van Justitie.

Museum ini sendiri berbentuk limas atau pidamida, uniknya bangunan ini terpendam dalam tanah sehingga hanya atapnya saja yang muncul di permukaan. Hal ini dilakukan agar bangunan museum tidak mengganggu pemandangan Tugu Pahlawan.

Museum ini terdiri dari 2 lantai yang berisi artefak dan memori perjuangan arek-arek Suroboyo dalam pertahanan kemerdekaan dan tanah kelahiran. Pertempuran itu berlangsung selama 3 hari, dengan puncak pada tanggal 10 November 1945, hingga kini 10 November terus diperingati sebagai hari Pahlawan.

5. Patung Suro & Boyo

Jangan bilang kamu pernah ke Surbaya kalau nggak berkunjung ke wisata patung Sura dan Baya yang terletak di Jl Raya Diponegoro, Desa Darmo, Kecamatan Wonokromo.

Patung legedaris ini telah menjadi simbol kota Surabaya dan menjadi identitas asal muasal nama Surabaya. Konon hal ini dikaitkan dengan kisah pertempuran hidup dan mati Adipati Jayengrono yang menguasai ilmu buaya dan Saunggaling yang menguasai ilmu hiu.

6. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu kebun binatang tertua di Asia Tenggara yang berdiri sejak April 1918. Tahun 1927-1970 KBS pernah meraih masa kejayaannya dengan menjadi kebun binatang terbesar dan terlengkap di wilayah Asean.

KBS sendiri terletak di seberang patung ikonik Suro & Baya, dan memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap seperti Gajah, Cheetah, Beruang, Unta, Kera Besar, Harimau Sumatera, Bekantan, Anoa, dan masih banyak lagi.

7. Ekowisata Mangrove

Hutan wisata Mangrove Surabaya telah menjadi wisata gabungan rekreasi dan edukasi. Dengan luas 200 hektar dan ditanami berbagai tanaman bakau, Ekowisata Mangrove dapat menjadi pilihan tepat buatmu yang ingin berlibur sambil belajar.


Artikel Terkait

Viewer : 5 User: