Natal, hari besar, perayaan

10 Fakta Hari Natal


tanggal post : 14 December 2018
10 Fakta Hari Natal

Hari natal adalah hari besar agama Kristen untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus yang selalu diperingati tiap tahun sekali di seluruh dunia. Karena jaraknya yang amat jauh ribuan tahun yang lalu, terdapat banyak tradisi serta fakta-fakta unik tentang hari natal yang belum tentu kamu ketahui sebelumnya.

Tidak Ada Tanggal Yang Pasti Kapan Yesus Kristus Dilahirkan

Perayaan natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember pertama kali dirayakan pada masa Paus Julius 1 yang memerintahkan umatnya untuk merayakan hari Natal pada tanggal 25 Desember setelah tahun 440 M. Karena di dalam Alkitab sendiri tidak dijelaskan secara pasti kapan Yesus Kristus dilahirkan.

Santau Claus Tidak Datang Pada Saat Natal

Perayaan Natal disetiap Negara pasti berbeda-beda, tergantung tradisi masing-masing. Tergantung tradisi masing-masing. Tradisi perayaan Natal di Yunani ini juga tidak kalah unik. Perayaan natal sih sama saja dilaksanakan pada tanggal 25 Desember. Uniknya, justru Santa Claus bagi-bagi hadiah pada tahun baru tidak pada hari Natal itu.

Xmas

Natal atau Christmas juga disebut Xmas loh! Awalnya banyak yang marah karena itu suatu penghinaan terhadap Kristus, terutama orang-orang Kristen. Tapi menyingkat Christmas menjadi Xmas bukan tanpa alasan. Dalam bahasa Yunani huruf “X” adalah huruf pertama dalam nama Kristus (Christos) yaitu Χριστ? Σ

Perangko Natal Pertama Dari Canada

Pada saat perayaan terdapat juga tradisi mengirimkan kartu Natal ke kerabat, saudara, dll. Ternyata, perangko natal pertama kali dikeluarkan di Kanada tahun 1898. Tampila perangko natal waktu itu di bagian atas terdapat tulisan CANADA POSTAGE Yang mengapit semacam mahkota serta peta dunia, dibagian bawah terdapat tulisan “XMAS 1898” dan “WE HOLD A VASTER EMPIRE THAN HAS BEEN”.

Pohon Natal Pertama Dimulai Oleh Saint Boniface

Pohon natal pasti ada di tiap-tiap rumah serta gerjea pada saat perayaan natal. Dulu, pada abad ke-7 seorang biarawan yang bernama Saint Boniface berani menebang pohon yang dikeramatkan untuk sesembahan kepada Dewa Thor, sebagai bukti kalau Dewa itu tidak ada. Yang disisain cuma pohon cemara sebagai lambing keabadian. Sehingga penduduk setempat membawa pulang pohon cemara kerumahnya masing-masing. Sekitar abad ke-15, Martin Luther mempopulerkan pohon natal saat perayaan natal.

Lampu Pohon Natal Pertama Kali Ditemukan Oleh Rekan Thomas Edison

Dulunya, Lampu-lampu di pohon natal terbuat dari lilin. Namun pada 1882, rekan bisnis Thomas Alfa Edison yaitu Edward Hibberd Johnson mempunyai ide cemerlang. Cahaya pohon natal yang dulunya dari lilin disulap Edward Johnson dengan lampu bohlam. Awalnya Edward Johnson melilitkan 80 lampu bohlam bewarna merah, putih, dan biru yang telah diranglai dengan kabel pada pohon cemara.

Hadiah Natal Terbesar Sepanjang Sejarah

Hadiah Natal terbesar sepanjang sejarah hingga kini belum terpecahkan yaitu hadiah natal Patung Liberty dengan berat 225 ton dan tinggi 46,5 meter yang diberikan Prancis kepada Amerika pada tahun 1886. Prancis hingga kini menjadi pemberi hadiah natal terbesar sepanjang sejarah.

Christmas Truce

Saat itu terjadi perang dunia pertama antara Jerman dan Sekutu. 5 bulan sejak perang dunia pertama dumulai tahun 1914 tidak ada kata ampun untuk saling membunuh.  Namun, pada saat natal semua pasukan baik tentara Jerman maupun tentara Sekutu keluar dari parit untuk merayakan natal bersama dan saling bertukar hadiah dan bahkan bermain sepak bola bersama. Makanya, hingga kini dikenal sebagai perdamaian natal atau Christmas Truce (Gencatan Senjata pada hari natal) yang telah membawa momen perdamaian di tengah kecamuk perang. Walaupu pada saat itu Gencatan Senjata dilakukan secara spontan dan sporadic.

Lagu Natal Dengan Penjualan Terbanyak Sepanjang Masa

Lagu yang sangat popular yang dinyanyikan saat natal adalah lagu “White Christmas” yang diciptakan oleh seorang Yahudi dari Rusia bernama Israel Isidore Beiline yang lebih dikenal Irving Berlin. Ada yang berpendapat kalau lagu Whte Christmas diciptakan tahun 1928 untuk mengenang kematian putranya yang masih bayi meninggal tepat dihari natal tanggal 25 Desember 1928. Tahun 2007, lagu White Christmas yang dinyanyikan Bing Crosby tercata di Guinnes Book of World Records sebagai Single terlaris didunia sepanjang masa. Hingga saat ini lagu White Christmas sudah terjual lebih dari 50 juta copy.

Jumlah Orang Majus Tidak Disebutkan di Dalam Kitab

Banyak kisah, kalau orang Majus yang mengunjungi bayi yesus berjumlah tiga orang. Hal ini berdasarkan jumlah hadiah (emas,mur, dan kemenyan) yang diberikan kepada orang tua Yesus. Padahal, di Alkitab tidak dijelaskan jumlah, jenis kelamin maupun nama-nama orang Majus yang mengunjungi bayi Yesus di kandang tempat Yesus dilahirkan.

 

Nah itu tadi 10 Fakta menarik seputar hari natal. Di dalam satu agama tentu punya tradisi masing-masing dalam menjalankan perayaan keagamaan. Walaupun punya cara tersendiri dalam melakukan tradisi keagamaan, bukan berarti harus saling menghakimi satu sama lain.

Selamat Natal dan Selamat Tahun Baru 2019!

 


Artikel Terkait

Viewer : 335 User: