membership card, belanja

Membership card di pusat perbelanjaan, benarkah memberi keuntungan bagi pelanggan?


tanggal post : 26 January 2018
Membership card di pusat perbelanjaan, benarkah memberi keuntungan bagi pelanggan?


Menaiknya minat masyarakat terhadap pusat perbelanjaan yang menawarkan suasana belanja aman dan nyaman, membuat management di tempat-tempat perbelanjaan menawarkan konsep membership card dengan keuntungan khusus untuk menarik konsumen dan menjaga pelanggan agar tidak berpaling ke tempat lain. Namun sebenarnya, apakah fungsi dari membership card ini memang penting dan dapat membawa keuntungan bagi para pelanggan yang menggunakan?

Sedikit banyaknya memang memberi keuntungan bagi customer, karena ada beragam penawaran menarik yang ditawarkan pihak perbelanjaan kepada para pelanggan yang memiliki membership card. Dengan mempunyai kartu pelanggan khusus, customer pasti bisa mendapatkan potongan harga atau diskon yang dikhususkan pada mereka. Lebih enak lagi jika mereka mendapatkan potongan harga double dari item yang mereka beli. Item sudah didiskon, membership card  juga melakukan pemotongan meskipun mungkin bukan diskon yang besar jumlahnya, tetap saja bisa bikin bahagia.

Selain itu, pusat perbelanjaan menawarkan sistem gain point melalui membership card yang dimiliki oleh pelanggan. Besar point yang akan mereka peroleh bergantung pada besar jumlah nominal uang yang mereka bayarkan ketika berbelanja. Point yang sudah kamu kumpulkan itu berpeluang untuk ditukarkan dengan merchandice yang sudah disiapkan, atau bisa juga ditukarkan dengan voucher belanja dan potongan harga.

Namun sebenarnya, pengadaan membership card ini tak hanya menguntungkan bagi pelanggan, namun juga membawa pengaruh bagi perkembangan perusahaan atau pusat perbelanjaan. Tujuan awal mereka untuk mencetak membership card bagi pelanggan merupakan bagian dari marketing strategy. Data pelanggan yang tersimpan saat membuat membership card, digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen untuk memperoleh informasi kegiatan member dan  dijadikan bahan survei tentang produk apa saja yang paling diminati, konsumen mana yang paling menguntungkan, lokasi mana saja yang paling profitable, dan sebagainya. Berdasarkan informasi yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya, perusahaan akan membuat perencanaan dan keputusan bisnis atau juga business planning jangka panjang.

Jadi walaupun benar menguntungkan pelanggan dan pengguna membership card, pihak perusahaan akan lebih mendapatkan kemudahan yang juga akan membawa keuntungan jangka panjang.


Artikel Terkait

Viewer : 190 User: