Bangunan, Smart Building, teknologi

Smart Building Technology Untuk Desain Bangunan Masa Kini


tanggal post : 10 January 2018
Smart Building Technology Untuk Desain Bangunan Masa Kini


Penggunaan teknologi dalam kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia kini sudah mulai meluas ke berbagai bentuk dan bidang. Teknologi seolah tak pernah berhenti berinovasi untuk menciptakan perangkat serba pintar yang modern dan canggih. Tidak hanya diaplikasikan pada peralatan rumah tangga, gadget dan software, fungsi teknologi kini mulai menyentuh bidang transportasi (smart car) dan juga bidang bangunan yang lebih dikenal dengan istilah smart building technology atau smart house.

Secara sederhana, Smart building technology adalah suatu usaha perancangan suatu bangunan yang dipadukan dengan penggunaan sistem teknologi informasi dan komputer yang bertujuan memberikan keuntungan dan kemudahan. Smart building merupakan konsep yang memadukan desain arsitektur, desain interior serta perangkat elektrik sehingga bangunan yang dirancang mampu memberikan akses gerak/mobilitas dan kemudahan kontrol dalam melangsungkan segala kegiatan yang terjadi dalam bangunan tersebut.

Penggunaan konsep smart building memungkinkan mengurangi konsumsi energi dalam bangunan dan berkontribusi dalam mereduksi gas CO2 di udara. Dengan menggunakan sistem Programmable Logic Controller (PLC) yang berfungsi sebagai unit processing yang terhubung dengan komponen-komponen lain seperti sensor dan actuator untuk membaca dan melaksanakan perintah di dalam bangunan.

Smart building teknologi mengutamakan efisiensi energi pada sistem pencahayaan dan penghawaan sehingga akan banyak energi yang bisa dialihkan terhadap kebutuhan lainnya. Selain itu keuntungan penerapan sistem smart building bagi penghuni bangunan antara lain; memberikan tingkat keamanan yang lebih unggul, biaya operasional yang lebih terjangkau karena telah tereduksi secara signifikan, serta memberikan kemudahan dalam melengkapi berbagai fasilitas dalam gedung seperti entertainment dan security system yang lebih lengkap.

Sebagai contoh atau pun referensi tentang bangunan yang mulai menggunakan konsep smart building, kamu bisa berkunjung ke gedung Concept.id, kantor danmogot.com. Gedung Concept.id memiliki konsep interior yang didominasi oleh dark wooden design. Anda bisa datang langsung Ke Kantor Pusat Danmogot.com di Jl.Alfalah Gedung Concept.id no 19, Suka Subur, Simpang STM, Medan, Lalu untuk informasi lebih lanjut please kindly check the website danmogot.com.

@okiaprawasti


Artikel Terkait

Viewer : 1187 User: