Travelling, Perjalanan, Pengetahuan

Travelling: Mempelajari Hal Baru Dengan Cara Yang Lebih Seru


tanggal post : 10 January 2018
Travelling: Mempelajari Hal Baru Dengan Cara Yang Lebih Seru


hal apakah yang pasti dilakukan seseorang saat ia sedang travelling? Selain menikmati destinasi wisata yang mereka kunjungi, mereka juga menemukan hal-hal baru yang berbeda yang tidak mereka jumpai sebelumnya di kehidupan mereka. Travelling sebenarnya bukan hanya kegiatan berwisata, namun travelling dimaknai sebagai suatu perjalanan yang tidak hanya memberi hiburan namun juga pengalaman. Para wisatawan terkadang menjadikan waktu travelling mereka sebagai cara mereka mendapatkan pembelajaran. Mereka ingin menemukan segala pengetahuan yang berkaitan dengan kehidupan yang mungkin tidak mereka dapatkan di bangku sekolahan.

Cara pembelajaran yang paling baik adalah bila kita bisa langsung merasakan hal yang kita pelajari tanpa perlu menghapal teori. Para traveller sejati, sekarang ini berorientasi pada jenis wisata yang mereka ciptakan sendiri tujuannya. Mereka ingin perjalanan yang mereka alami bukan hanya sekedar perjalanan diri namun juga perjalanan hati. Dengan tujuan yang demikian, secara tidak langsung dan tanpa disadari, mereka telah mencoba untuk melihat dunia baru yang akan mengubah pola pikir mereka untuk menjadi makhluk sosial yang lebih baik.

Para wisatawan yang menamai diri mereka sebagai adventurer, biasanya adalah tipe orang-orang yang menganggap travelling sebagai petualangan. Mereka lebih suka melakukan perjalanan tanpa perencanaan untuk melatih diri mereka dalam mengambil keputusan atas kendala-kendala yang akan mereka hadapi.  Para petualang ini pastinya sudah mantap ketika harus meluangkan waktunya untuk melakukan perjalanan jangka panjang agar perjalanan mereka tidak hanya meninggalkan rasa lelah yang sia-sia dan memakan banyak biaya namun juga memberi makna berharga bagi mereka. Hal-hal yang mereka dapatkan dan pelajari dari suatu perjalanan juga mampu membantu menemukan jati diri mereka yang sebenarnya.

Saat melakukan suatu petualangan, para adventurer pasti harus memikirkan cara untuk mengatur setiap biaya yang mereka keluarkan selama waktu perjalanan yang sudah mereka tentukan. Mau tak mau mereka harus mulai membiasakan diri untuk mengutamakan kebutuhan prioritas mereka. Dengan melakukan itu, perjalanan yang mereka lakukan sudah mengajarkan mereka hidup dengan gaya yang sederhana.


Mereka juga akan banyak menemui orang-orang baru yang mungkin hanya dengan bercerita bersama mereka saja para adventurer sudah bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Para adventurer juga akan melihat dan bertemu dengan hal-hal yang dengan cara tersendiri bisa membuat mereka kagum. Seperti keunikan suatu daerah, cara hidup masyarakat atau suku tertentu, bagaimana orang-orang yang mereka temui memaknai hidup membuat mereka menjadi lebih bersyukur dengan segala hal yang sudah mereka miliki saat itu.

Tanpa disadari, mereka juga mempelajari dan menghormati budaya, kebiasaan serta bahasa dari masing-masing daerah yang mereka singgahi ketika melakukan perjalanan. Bisa langsung melihat potret sosial budaya dan mencoba langsung berinteraksi dengan berbahasa seperti penduduk asli daerah membuat mereka lebih mudah mengerti dan menambah ilmu baru. Perjalanan selalu memancing rasa ingin tahu mereka untuk mencoba hal baru yang bisa dijadikan ilmu.

Walaupun pada awalnya suatu perjalanan memaksa mereka keluar dari zona nyaman, namun ketika waktu mampu mengembalikan rasa nyaman meski di zona yang berbeda, para Adventurer akan merasa ketagihan merasakan momen-momen itu dan selalu menunggu kapan lagi mereka berkesempatan untuk memulai perjalanan berikutnya.

 

@Okiaprawasti


Artikel Terkait

Viewer : 241 User: