Kepercayaan Merupakan Faktor Terpenting Bagi Kelangsungan Usaha


tanggal post : 12 August 2015
Kepercayaan Merupakan Faktor Terpenting Bagi Kelangsungan Usaha

Dalam dunia bisnis, kepercayaan adalah kunci utama agar para klien atau konsumen tidak kabur. Jika konsumen atau pelanggan sudah kabur, bisa dipastikan usaha kita pun akan ikut hancur. Oleh karena itu, kepercayaan merupakan faktor terpenting bagi kelangsungan usaha kita. Apalagi dalam bisnis online, kepercayaan adalah hal yang paling diandalkan, karena dalam bisnis ini, konsumen tidak langsung bertatap muka dengan penjual dan memilih produk secara langsung.  Tentu saja, konsumen tidak mau mengambil resiko  melakukan transaksi jual-beli dengan penjual atau pemiliki toko online yang tidak bia dipercaya. Oleh karena itu, membangun kepercayaan konsumen sangatlah penting untuk memajukan bisnis anda.


Pertanyaannya adalah, bagaimana membangun kepercayaan konsumen yang efektif? Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan jika seorang pengusaha ingin memajukan toko online-nya dengan melalui kepercayaan para pelanggan.

1. Perhatikan Desain Web Toko Online Anda
Jika diibaratkan halaman toko online anda adalah sebuah toko “sebenarnya”, pastinya anda tak mau toko anda terlihat kotor dan berantakan bukan? Karena kondisi toko mencerminkan kualitas barang dan toko itu sendiri. Oleh karena itu, agar toko online anda terlihat menarik, anda memerlukan desain web yang memiliki tampilan yang menarik dan sebagus mungkin. Menarik disini bukan berarti rumit dan justru akan membingungkan pengunjung toko anda, tetapi menarik dari sisi penataan letak menu, navigasi, dan lain sebagainya agar para pembeli nyaman berada di toko anda. Oleh karena itu, pastikan desain web anda dikerjakan dengan tepat dan profesional.

2. Miliki Alamat Email Khusus
Alamat email perusahaan sangat diperlukan jika anda ingin membangun kepercayaan customer. Dengan memiliki alamat email, customer merasa aman karena dengan mudah dapat menghubungi pemilik atau pengelola toko online kapanpun. Namun jangan asal memiliki alamat email, karena banyak pelanggan akan lebih percaya jika alamat email menggunakan domain perusahaan tersebut. Sebisanya jangan menggunakan alamat email  gratisan seperti @Yahoo.com atau mungkin @Gmail.com, karena hal itu akan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap kualitas toko online kita.

3. Paparkan Profil Perusahaan
Profil perusahaan atau Company Profile juga sangat dibutuhkan untuk membangun kepercayaan konsumen. Dengan membaca Company Profile, konsumen akan lebih mengenal toko online anda dan mengenal siapa-siapa dibalik perusahaan anda. Dengan begitu, konsumen akan tidak ragu lagi membeli produk dari toko online anda.

4. Selalu Berikan Kontak Pelanggan
Dalam situasi apapun, usahakan konsumen selalu merasa dekat dengan anda. Oleh karena itu, selalu sediakan nomor kontak pelanggan yang bisa dihubungi kapan saja dan dimana saja. Kontak pelanggan bukan hanya nomor telepon saja, namun juga termasuk alamat perusahaan, alamat email, pin BB, atau apapun yang bisa membuat pelanggan dengan mudah menghubungi anda jika ada keluhan atau pertanyaan seputar produk yang anda jual.

5. Sertakan Testimoni
Tak bisa dipungkiri, adanya testimonial para pelanggan atau customer terdahulu akan mendongkrak kepercayaan calon konsumen kepada toko online kita. Namun sayangnya, banyak toko online “nakal” yang memasang testimonial palsu. Usahakan memasang testimonial asli yang menyertakan alamat email atau kontak dari pemberi testimonial tersebut.

Redaktur oleh Rianggalih


Artikel Terkait

Viewer : 230 User: