7 Hobby Yang Bisa Menghasilkan Uang


tanggal post : 16 July 2015
7 Hobby Yang Bisa Menghasilkan Uang

1. BLOGGING

Hobi yang menghasilkan pertama adalah hobi blogging / menulis di blog. Bagi sebagian orang aktifitas ngeblog mungkin hanya digunakan sebagai sarana mencurahkan perasaan ke dalam tulisan, namun bagi sebagian lainnya, aktifitas blogging dijadikan sebagai bisnis atau ajang untuk menghasilkan uang.

Konsep ngeblog untuk sekedar hobi dan ngeblog untuk bisnis sebenarnya sama saja, dimana keduanya sama-sama menulis dan membagikan hasil tulisannya melalui media sosial atau blogwalking, yang membedakan hanya pada apa yang ditulis, gambaran sederhananya seperti ini :

Blogger Hobi : Tulisan bersifat pribadi
Blogger Bisnis : Tulisan bersifat umum, dan selalu memberikan mafaat ataupun informasikepada orang lain


2. PROGRAMMING

Programming adalah aktifitas mengutak atik kode. Hobi programming merupakan salah satu hobi yang berhubungan dengan pekerjaan, karena seperti yang kita semua ketahui bahwa karir seorang programmer sangat terbuka lebar, mengingat kini kita mulai masuk ke era digital, dimana sesuatunya mulai berbasis aplikasi.Alternatif mendapatkan uang yang bisa dicoba seorang programmer adalah dengan cara membuat program yang sedang masyarakat butuhkan, baik menggunakan AdMob (android) atau  iOS.


3. FOTOGRAFI

Fotografi bisa dibilang sebagai salah satu hobi yang menarik, karena kita bisa memotret pemandangan yang indah, jika fotografer tersebut bisa mengambil tempat atau cara pandang yang bagus maka hasil yang di dapat pun semakin bagus  Dari hobby ini bisa juga menghasilkan uang, contohnya foto yang kamu ambil bisa kamu jual kemajalah ataupun koran dan juga bisa mengikuti lomba, dan masih banyak lagi 


4. VIDEO EDITING

Karir sebagai video editor bisa menghasilkan uang yang banyak, mengingat banyak flim yang mengandalkan video editing dan dari sini kamu akan dibayar sangat tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa hobi yang dibayar tinggi ini bukan hanya memerlukan 'kecintaan' terhadap dunia editing saja, melainkan juga harus diimbangi dengan keahlian yang kita miliki.Tidak berbeda jauh dengan hobi desain grafis, dimana ada dua pilihan pekerjaan yang bisa kita ambil, yaitu bekerja di perusahaan atau menjadi freelance. Untuk Anda yang memutuskan bekerja sebagai freelance (online)


5. WEB DESAIN

Web Desain merupakan salah satu hobby yang gampang-gampang susah, karena masih banyak orang yang tak sadar bahwa hobby ini sebenarnya bisa menghasilkan banyak uang. Web Desain adalah pekerjaan yang mendesain tampilan (website / blog).Perkerjaan web desainer di Indonesia jumlahnya mungkin masih sedikit, namun di luar negeri, profesi web desainer terbilang sangat banyak, terlihat dari 
Dari mana para desainer tersebut mendapatkan uang ? ada banyak, beberapa diantaranya melalui penjualan ebook dan penawaran kursus premium (berbayar).

Alternatif lain mendapatkan uang dari profesi web desainer adalah dengan menjual template, banyak desainer indonesia yang sukses di bisnis template.
contohnya seperti:

Mas Sugeng
Maskolis
Noval Bintang

Tak tanggung-tanggung, penghasilan yang mereka dapat dari penjualan template bisa sampai puluhan bahkan juta, karena untuk 1 template saja harganya bisa mencapai Rp 50.000.


6. MEMASAK

Memasak adalah hobi yang baik untuk melamar pekerjaan sebagai seorang chef, atau bisa juga untuk membuka lapangan kerja dengan membuka bisnis restoran. Ada banyak sekali tutorial memasak di buku ataupun di internet yang bisa Anda pelajari secara gratis, dari sana kita bisa belajar berbagai hal yang akan menunjang kemampuan memasak dan akan membantu kita untuk menemukan ide-ide baru dalam bidang kuliner atau masakan. Selain itu, untuk Anda yang suka memasak dan juga menulis, Anda juga bisa menggabungkan hobi memasak dengan menulis, caranya dengan membuat blog kuliner atau blog yang membahas tentang masakan. Dari blog tersebut kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara memasanginya iklan.


7. MENULIS

Menulis dengan blogging itu berbeda, karena menulis sendiri bisa diartikan dalam arti yang sangat luas. Bicara mengenai profesi atau pekerjaan yang bisa didapatkan dari seorang penulis, Sangat banyak sekali, mulai dari bisnis online sampai offline. Menulis adalah hobi yang baik untuk fikiran, karena dalam proses menulis bukan hanya tangan yang bekerja namun otak juga ikut bekerja memikirkan kata demi kata.

 

Beberapa contoh bisnis online yang bisa dikerjakan seorang penulis adalah sebagai berikut :

Menawarkan jasa menulis artikel blog
Menawarkan jasa pembuatan sales later yang menarik
Menawarkan atau menjual ebook

Dari ketiga pekerjaan tersebut, menulis artikel untuk blog orang lain bisa dibilang yang paling sering dilakukan para penulis online, karena hasilnya yang sangat memuaskan

Sementara untuk bisnis offline seorang penulis bisa mencoba beberapa hal berikut ini :

Membuka workshop
Menerbitkan buku
Menjual artikel ke penerbit majalah ataupun koran 

Dari tujuh contoh hobby yang bisa menjadi bisnis untuk mendapatkan uang tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa, apapun hobby yang Anda miliki, sebenarnya bisa diuangkan asalakan kita mau dan tau cara untuk mendapatkan uang dari hobby tersebut, dan kita harus rajin dan tekun dalam mengerjakan hobby yang ingin kita jadikan uang. Jangan ada kata mengeluh dan jangan ada kata tidak bisa dalam diri kita sendiri untuk mengerjakan sesuatu.

 

 

HandMade@MNugroho

 

Artikel Terkait

Viewer : 220 User: