Mesin 3 silinder Yamaha MT-09, torsi melimpah!


tanggal post : 06 July 2015
Mesin 3 silinder Yamaha MT-09, torsi melimpah!


Tawaran mencoba motor baru selalu jadi momen yang susah dilewatkan, apalagi Yamaha MT-09. Naked bike berdesain sangar dan dibekali mesin unik

Siang itu di daerah Bintaro, Jaksel sudah siap 3 unit MT-09, dengan warna silver, orange dan biru. Silakan pilih mau cobain yang mana PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang mengurusi unit CBU. Biar mencolok, sengaja pilih orange.

Sebelum coba jalan, mengamati detail jadi menu pembuka. Pandangan pertama yang tak biasa kontaknya ada di depan setang. Penempatan sakelar juga unik, terutama tombol klakson yang ada di sisi dalam, sehingga meraihnya agak sulit. 

Sementara di setang kanan ada tombol power mode, ada 3 pilihan; A, B dan standar.A lebih powerful sedang B lebih rendah misal dipakai saat hujan. Tombol starter menjadi satu dengan cut off, warna merah di atas mode. Dorong ke bawah untuk mengaktifkannya.


Indikator full digital, bisa juga untuk mengeset CO nih

Panel indikatornya tampak simpel, full digital dengan bentuk asimetris. Menunya cukup lengkap termasuk ada suhu udara. Dan ternyata bisa juga untuk mengeset CO tiap silinder.

Ketika duduk, kendati tinggi jok 815 mm namun rasanya pendek banget, tester berpostur 173 cm 64 kg pun kakinya menekuk tuh. Ternyata tangki dan joknya ramping, makanya kaki tak perlu mengangkang, lebih mirip naik motor 250 cc.

duduknya dengan setang model fatbar dikombinasi footstep yang sedikit mundur, membuat badan sedikit menjorok ke depan. Posisi khas naked bike agar rider terlihat gagah.

Pencet tombol starter, greng... Wah suara mesinnya ternyata lumayan kasar, sekilas mirip YZF-R1. “Mesinnya pakai kruk as crossplane, memang seperti R1,” terang Wahyu. Oh pantas, dalam pikiran terbesit jangan-jangan karakternya mirip juga nih dengan torsi melimpah.

Kunci pembuka jok tersembunyi di bawah, ada penutupnya biar kotoran tak masuk

Masuk gigi 1 ternyata lumayan kasar dan suara jedak cukup keras, padahal kopling sudah ditarik maksimal. Buka gas dan lepas kopling perlahan, wuih ternyata benar karakternya punya torsi gahar sejak rpm rendah!

Begitu digas lebih dalam tarikan begitu dahsyat, ngejambak banget deh! Pas untuk yang doyan keluar masuk tikungan dengan cepat nih. Namun karakter 3 silindernya tetap terasa, ada sedikit getaran di area kaki. 


Jok dan tangki ramping, enak dijepit serasa motor 250 cc

Redaktur oleh Rianggalih


Artikel Terkait

Viewer : 616 User: