Jangan Biarkan Hardisk di Komputer Rusak, Ini Caranya


tanggal post : 13 August 2015
Jangan Biarkan Hardisk di Komputer Rusak, Ini Caranya

Isi pulsa.co.id - Hardisk merupakan salah satu kompunen utama komputer yang terpenting. Karena tanpa adanya hardisk, sebuah komputer tidak berarti apa apa. Karena semua data baik itu operating sistem, ataupun software aplikasi akan disimpan di dalam hardisk tersebut. Jika harddisk kita rusak, maka semua file yang sudah dengan susah payah kita dapatkan akan hilang begitu saja.
 
 
 
 
Kerusakan yang terjadi pada Hardisk tak hanya disebabkan oleh kualitas pabrikan akan tetapi juga dari sisi pengguna atau si user yang mengyunakan komputer tersebut. Seperti pada salah satu contoh kasus berikut ini yaitu, pada saat memakai harddisk kita tidak melakukan procedure parkir sebelum mematikan PC, sehingga posisi head berada di posisi sembarang. Jika head berhenti dan menyentuh permukaan disk tempat data atau system disimpan, bisa dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan rusak.
 
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan pada hardisk kita, diantaranya:
  1. Terjadinya guncangan yang keras pada hardisk
  2. Kebiasaan yang salah dalam penggunaan sistem komputer, misalnya tidak melakukan shud down ketika mau mematikan komputer.
  3. Sirkulasi udara pada komputer yang kurang bagus, disini biasanya terjadi pada pengguna laptop.
Jika anda sudah membaca beberapa faktor penyebab terjadinya kerusakan pada hardisk diatas, maka anda harus mengetahui juga bagaimana cara merawat hardisk dengan baik dan benar. Sebelum terjadi kerusakan yang fatal pada hardisk komputer anda.
 
 
 
 
 
Berikut beberapa tips bagaimana cara merawat hardisk dengan baik dan benar :
  • Atur sirkulasi udara pada komputer anda
Baik itu PC ataupun laptop pasti perlu sirkulasi udara yang teratur. Karena sirkulasi udara yang bagus akan mengurangi terjadinya Overhead pada komputer. Untuk PC silakan tambahkan Fan (pendingin) pada casing PC. Untuk laptop, silakan anda gunakan Cooling Pad (kipas pendingin laptop) untuk menjaga kestabilan sirkulasi udara pada laptop.
 
  • Letakkan PC atau Laptop pada ruangan yang tepat
Untuk menjaga kstabilan suhu pada komputer, baik itu PC ataupun laptop alangkah baiknya anda letakkan perangkat komputer anda pada ruangan yang ber AC. Karena ruangan ber AC akan mengurangi overhet dan kondisi suhu pada komputer tetap stabil.
 
  • Hindari Tekanan Keras pada PC atau Laptop
Jika anda sedang memindahkan tempat komputer anda, usahakan semua kabel yang terhubung sudah terpisah dari komputer dan usahakan komputer dalam keadaan mati.
 
  • Bersihkan Perangkat Komputer Anda Secara Berkala.
Untuk menjaga komponen komputer tetap awet dan tahan lama, termasuk disini hardisk kita harus rajin membersihkannya dari debu, lakukan setiap 3 bulan sekali.
 
  • Buatkan Beberapa Buah Partisi Sistem Pada Hardisk Anda
Dengan adanya beberapa buah partisi pada hardisk, membuat kinerja hardisk jadi ringan dan mengurangi panas. dan dengan adanya beberapa partisi sistem, tidak membuat file file komputer menjadi menumpuk sehingga proses loading akan lebih cepat.
 
  • Lakukan Deprag Pada hardisk Anda
Agar proses berjalannya sistem pada komputer tetap stabil dan tidak berat, silakan lakukan deprag pada hardisk anda paling tidak 3 bulan sekali.
 
  • Mematikan Komputer Sesuai Prosedur
Ketika anda mematikan sistem komputer, terlebih dahulu anda harus melakukan Shut Down terlebih dahulu pada komputer. Dan jangan langsung cabut kabel power supply sementara komputer masih bekerja.

Download aplikasi Isipulsa.co.id  dibawah ini, klik gambarnya 
 
Untuk mendaftar jadi agen pulsa klik gambar di bawah ini 
 
 
 
 
 
Redaktur Reza

Artikel Terkait

Viewer : 1241 User: