Melakukan Olahraga Rutin Dapat Mencegah Tulang Rapuh


tanggal post : 05 August 2015
Melakukan Olahraga Rutin Dapat Mencegah Tulang Rapuh

Olahraga terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Peneliti terbaru menyebut, jika kurang aktivitas fisik (gerak) dapat membuat tulang manusia lebih rapuh ketimbang primata non-manusia. 
 
Profesor Antropologi, Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi dari Pennsylvania State University, Timothy M. Ryan mengatakan, kurang aktfitas fisik menyebabkan tulang lebih rapuh daripada primata non-manusia.
 
 
 
 
“Penjelasan yang paling masuk akal adalah bahwa kurangnya aktivitas fisik menyebabkan tempurung tulang paha menjadi lebih tipis dan lebih ringan daripada yang ditemukan pada primata seperti simpanse, gorila, dan orangutan,” kata Timothy.
 
Timothy menambahkan, manusia dan primata memiliki struktur tulang yang berbeda. Yang mana, struktur tulang manusia lebih ringan dan kecil dibandingkan gorila atau orangutan.
 
Penelitian ini masuk dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Studi pada 59 orang dewasa dan 229 primata non-manusia juga menemukan bahwa massa tulang petani jauh lebih baik daripada massa tulang pemburu.
 
 
 
  
Peneliti mengatakan, temuan ini sangat bermanfaat untuk pemahaman bentuk tulang dengan rapuhnya tulang yang disebabkan oleh bertambahnya usia pada manusia modern. 
 
Melakukan olahraga rutin, menjaga pola makan yang sehat, serta bermain puzzle ternyata tidak hanya menyehatkan bagi tubuh kita. Namun, aktivitas tersebut ternyata dapat mencegah seseorang dari demensia.
 
Perubahan gaya hidup yang simple ternyata dapat menyelamatkan 80.000 orang dari penyakit demensia di Inggris saja setiap tahunnya. Studi ini menunjukkan bahwa perubahan yang lebih sehat dalam hidup dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit otak saat mereka tumbuh tua.
 
Peneliti mengatakan, dengan melakukan olahraga teratur untuk tubuh dan pikiran, tiga juta kasus demensia di Inggris dapat dicegah pada tahun 2040 mendatang.
 
Hasil studi menunjukkan, setengah dari 1.200 pria dan wanita yang melakukan perubahan pola makan yang sehat, memulai latihan otak (seperti bermain puzzle atau teka-teki silang), dan olahraga teratur, terbukti dapat meningkatkan kesehatan hati dan otak.
 
Ahli bedah dan Mantan Menteri Kesehatan Buruh di Inggris, Lord Ara Darzi mengatakan bahwa secepatnya mengubah gaya hidup yang lebih sehat seperti rutin melakukan olahraga, makanan yang sehat, dan permainan puzzle akan dapat merangsang otak yang mampu mencegah demensia.
 
Menurutnya, penyakit demensia ini menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Karena itu, mencegah demensia adalah salah satu tantangan kesehatan terbesar yang akan dihadapi.
 
Darzi mengatakan bahwa tidak harus menunggu obat untuk mengingatkan masyarakat akan bahayanya demensia. Karena itu, perlu cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak, seperti ketrampilan bermain catur, atau teka-teki silang.
 
“Makan makanan yang sehat, menghindari obesitas, dan banyak melakukan latihan atau aktivitas fisik penting bagi kesehatan otak karena apa yang baik untuk hati kita juga baik untuk kepala kita,” kata Darzi.
 
Darzi menambahkan, tekanan darah tinggi memiliki risiko 60 persen kemungkinan seseorang mengalami demensia. Obesitas dan rokok adalah pemicu munculnya beberapa penyakit kronis, salah satunya demensia. Perubahan gaya hidup yang sehat secara signifikan menunjukkan bahwa individu bisa mencegah datangnya demensia.
 
 
Download aplikasi Isipulsa.co.id  dibawah ini, klik gambarnya
 
Untuk mendaftar jadi agen pulsa klik gambar di bawah ini 
  
 
 


Redaktur Reza

Artikel Terkait

Viewer : 290 User: