Dengan Perangkat Komputer, Bisa Menanam dan Panen Tumbuhan?


tanggal post : 04 August 2015
Dengan Perangkat Komputer, Bisa Menanam dan Panen Tumbuhan?

Pemanasan global dan ledakan populasi penduduk sebabkan masalah kelaparan dunia. Para ilmuwan pun mencari cara untuk mengatasi hal ini. Solusi terbaru yang diciptakan adalah personal farm computer. Disini penggunanya dapat menanam dan memanen tumbuhan via komputer.
 
 
 
 
 
Seperti diberitakan Selasa (04/08/15), personal farm computer adalah perangkat digital yang mengendalikan sebuah ekosistem kecil didalamnya. Perangkat yang terlihat seperti akuarium ini hanya memerlukan dua sumber tenaga yaitu listrik dan air.
 
Pencipta CityFarm, adalah Insinyur di MIT media lab. Di skala bawah desain untuk menciptakan sebuah sistem yang lebih kecil yang disebut Food Personal Computer, yang memungkinkan pengguna untuk menanam sayuran segar dan alami di mana saja tanpa tanah.
 
The Personal Computer Makanan pada dasarnya adalah sebuah sistem aeroponik kecil yang menciptakan cuaca sendiri, menawarkan nutrisi untuk tanaman dengan menyemprotkan mereka dengan kabut air. Ini juga memiliki sensor untuk melacak tingkat CO2, cahaya dan kelembaban. Pada dasarnya, kotak dapat diletakkan di mana saja dan itu akan tumbuh sayuran segar.
 
The Personal Computer Makanan bertindak sangat mirip dengan printer 3D. Harper, dari MIT, berencana untuk memungkinkan pengguna untuk berbagi resep melalui sistem. Pengguna bisa membeli sebungkus biji tomat, dan kemudian hanya men-download petunjuk untuk tumbuh mereka, yang PFC akan mengikuti. Mereka bahkan bisa berpotensi men-tweak petunjuk untuk mencocokkan selera mereka, dan mereka tidak akan pernah perlu khawatir tentang lupa untuk menyirami tanaman mereka.
 
Tentu saja, beberapa orang mungkin tidak menyukai sistem dan label sebagai "tidak wajar," meskipun fakta bahwa sayuran ditanam sama pada skala yang lebih besar di negara-negara di mana mil dari gurun ditutupi dengan lembaran plastik dan nutrisi yang disemprotkan ke sayuran.
 
Ada banyak keuntungan untuk Food Personal Computer. Banyak seperti CityFarm besar, PFC membawa makanan sehat untuk orang-orang yang mungkin kurang memiliki akses untuk itu di daerah perkotaan. Infrastruktur yang sudah ada - hal-hal seperti air dan listrik tersedia. Makanan tidak harus dikirim jarak jauh, yang berarti bahwa itu bisa segar saat mencapai konsumen. Tidak hanya itu, tapi makanan juga bisa tumbuh terlepas dari musim, yang berarti bahwa kita bisa memiliki buah persik segar sepanjang tahun.
 
"Dengan fundamental memikirkan kembali tumbuh ada dan memakannya di sini, untuk tumbuh dan memakannya di sini kita secara dramatis akan mengurangi pencemaran lingkungan dan penipisan sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi tenaga kerja global urbanisasi cepat dan meningkatkan akses ke beragam dan terjangkau nutrient- produk padat di kota-kota masa depan kita, "kata CityFarm di situsnya.
 
Ini pertanian kecil dapat tumbuh makanan cukup sedikit lebih cepat dari pertanian tradisional, dengan penurunan 25 persen menjadi 30 persen dalam waktu yang diamati melalui penggunaan Makanan Personal Computer. Ini tidak hanya mendapatkan makanan untuk orang-orang yang lebih cepat, tetapi juga berarti penurunan daya untuk menjalankan sistem.
 
Didalam perangkat ini penggunanya dapat menanam aneka tumbuhan seperti sayuran hijau atau buah berries. Yang terpenting tinggi bahan makanan yang ditanam tak melebihi tinggi 'akuarium' digital ini yang mencapai 1.2 meter.
 
Sistem digital juga memungkinkan pengguna personal farm computer untuk mengatur cahaya, aliran air, hingga cuaca yang diperlukan untuk menanam sebuah tumbuhan. Semuanya dilakukan via komputer.
 
Pengaturan tersebut nantinya juga tersimpan dalam database sehingga penggunanya bisa membagi 'resep' ini pada orang lain. “Ini adalah contoh pertanian di masa depan,” ujar Caleb Harper, pencipta personal farm computer sekaligus insiyur di MIT Media Lab dan pendiri CityFarm.

Harper dan timnya mengaku terus berusaha mengembangkan alat buatannya sehingga bisa digunakan banyak orang. Mereka berharap personal farm computer dapat dijual seharga 300 dollar (sekitar Rp 4 juta) atau bahkan kurang.
 
“Dunia ini kekurangan orang dan alat modern. Tujuan saya adalah menciptakan lebih banyak 'petani' lewat kotak ini,” pungkas Harper mengenai personal farm computer buatannya.
 
 
Download aplikasi Isipulsa.co.id  dibawah ini, klik gambarnya
 
Untuk mendaftar jadi agen pulsa klik gambar di bawah ini 
  
 

Redaktur Reza

Artikel Terkait

Viewer : 257 User: