Haruskah keluar dari zona nyaman untuk jadi sukses?

Haruskah keluar dari zona nyaman untuk jadi sukses?


tanggal post : 02 July 2022
Haruskah keluar dari zona nyaman untuk jadi sukses?

Haruskah keluar dari zona nyaman untuk jadi sukses?

Untuk sebagian orang yang sudah mendapatkan karir yang baik, meninggalkan zona nyaman sama halnya dengan tidak bersyukur dengan pencapaian mereka. Padahal, bertahan di zona tersebut membuat mereka tidak mendapatkan rintangan yang dapat melatih mereka untuk berkembang. Anda tidak harus bermusuhan dengan zona nyaman agar menjadi lebih sukses. Kenyamanan justru menjadi masalah bila Anda tidak pernah mencoba keluar dari dalamnya karena terhalang rasa malas atau takut akan sesuatu yang tidak pasti. Keluar dari zona nyaman merupakan pilihan. Beberapa orang merasa harus keluar dari sini dan mengambil keputusan untuk belajar atau mendapatkan pengalaman baru. Namun, ada pula sebagian orang yang memilih tetap berada di dalamnya karena merasa cukup dengan apa yang mereka dapatkan.

Bedasarkan refrensi data dan tingkat kesuksesan mereka yang berhasil keluar dari zona nyaman, berikut manfaat yang akan kamu dapatkan:

  • Mendapatkan lebih banyak tantangan sehingga membuat kamu terbiasa untuk memecahkan masalah bahkan mencintai masalah.

  • Memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri sehingga lebih percaya diri.

  • Berkembang lebih cepat.

  • Mengubah nasib menjadi lebih sukses.

Menemukan zona nyaman yang dapat terus membuat kita berkembang memang membutuhkan waktu dan proses. Pencarian zona nyaman tersebut sebenarnya sejalan dengan pencarian jati diri untuk mengetahui apa yang benar-benar kita inginkan dalam hidup, di aspek atau area mana yang ingin kita investasikan lebih banyak. Setelah mengetahuinya, kita perlu berkomitmen untuk tetap berada di area tersebut. Ketika sudah berkomitmen artinya kita perlu konsistensi dalam mengembangkan diri di dalamnya. Sesuatu yang matang butuh konsistensi. Entah itu menjaga lingkungan maupun berkesenian, semua butuh konsistensi untuk mematangkan kemampuan diri hingga akhirnya zona nyaman kita pun turut berkembang. Terakhir adalah kompromi. Saat sudah menemukan satu zona nyaman, kita harus bisa pintar-pintar berkompromi dengan diri sendiri. Ketika sudah mahir dalam zona nyaman itu, berkompromilah dengan diri untuk dapat menciptakan tantangan-tantangan baru di dalamnya. Misalnya jika zona nyaman kamu berkaitan dengan kegiatan sosial.

 

https://hellosehat.com/mental/zona-nyaman-adalah/ https://greatmind.id/article/bertahan-atau-keluar-dari-zona-nyaman

 

 


Artikel Terkait

Viewer : 55 User: