Dampak masa lalu yang buruk terhadap masa sekarang

Dampak masa lalu yang buruk terhadap masa sekarang


tanggal post : 30 June 2022
Dampak masa lalu yang buruk terhadap masa sekarang

Dampak masa lalu yang buruk terhadap masa sekarang

Percaya atau tidak apa yang kamu lakukan atau alami saat ini akan menjadi kesan dan alasan untuk apa yang kamu alami  dikemudian hari.  Istilahnya hukum tabur-tuai. Dalam kehidupan saat ini, hukum tabur tuai juga berlaku. Jikalau kita menabur yang jahat maka tuaian yang jahat pun akan kita tuai. Namun, sebaliknya kalau kita menabur yang baik dan terbaik, kita pasti akan menuai hal-hal yang baik juga dalam hidup kita. Oleh karena itu, jika kita belum bisa menabur, mulailah belajar menabur.

Masa lalu yang menyakitkan ataupun tidak menyenangkan yang menimbulkan rasa trauma atau berdampak bagi kehidupan saat ini. Baik dalam kehidupan masa kecil, pekerjaan, asmara, dan lainnya. Rasa trauma memang merupakan hal yang wajar, namun jika dibiarkan begitu saja akan membuat terus berkembang dan menciptakan rasa depresi di dalam diri anda. 

Maka mulailah membangun kebiasaan, prilaku atau kehidupan yang baik mulai dari sekarang karena apa yang kita alami besok atau lusa adalah hal yang tidak dapat diketahui.

Tapi masa lalu adalah hal yang semestinya tidak menjadi pacuan untuk menjalani kehidupan dimasa depan. Apa yang sudah menjadi masa lalu seharusnya kamu tinggal dan lupakan. Jika kamu terus mengungkitnya pasti hidup akan sulit untuk maju. Mau melakukan banyak hal tapi kamu masih terpaku dengan masa lalu. Justru hidup kamu akan dikalahkan dengan banyak orang yang ingin berjuang. Jadi kamu sendiri yang rugi dan hidupmu akan terus seperti itu.

Beberapa manfaat yang akan didapatkan, saat kita terus melakukan perbaikan diri, terlepas dari berapapun usia kita:

  • Lebih Mengenal Diri Sendiri

Perbaikan diri membuat kita lebih mengenal diri sendiri. Bukan hanya sekedar mengenal, namun juga mengenal jauh lebih dalam. Peningkatan diri mengharuskan kita untuk menjadi lebih sadar diri dan lebih mengenal diri sendiri. Kesadaran diri adalah proses yang berkelanjutan, selama kehidupan masih berjalan, kita harus mengenal diri kita dengan baik.

  • Kesehatan Mental Menjadi Lebih Meningkat 

Ketika kita bekerja pada diri sendiri, kita akan mengenal diri lebih baik, dan ini memungkinkan kita menangani pikiran dan emosi dengan lebih efektif.  

  • Memiliki Hubungan yang Baik dengan Orang Lain

Ketika kita berupaya untuk meningkatkan diri, secara otomatis kita juga sedang meningkatkan hubungan dengan orang-orang di sekitar. Dan itu akan memacu karakter baru dalam diri kita. Tapi pilih-pilih lagi ya orangnya, apakah berdampak baik atau sebaliknya untukmu.


Artikel Terkait

Viewer : 50 User: