FILM

Rekomendasi Dokumenter Kriminal Yang Diangkat Dari Kisah Nyata


tanggal post : 07 May 2022
Rekomendasi Dokumenter Kriminal Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

15 April 2022

Dokumenter memang terdengar membosankan. Namun, dari film atau serial dokumenter, kamu bisa mengetahui suatu peristiwa nyata dari berbagai perspektif. Hal tersebut bisa kamu saksikan pada sebagian besar judul dokumenter di Netflix. Layanan streaming milik Amerika ini menghadirkan berbagai dokumenter kriminal penuh investigasi yang menarik untuk kalian tonton selama di rumah. Selain membuka wawasan, kita juga bisa menyelami lebih dalam seluk-beluk dan kisah di balik kasus-kasus kriminal dan konspirasi terbesar di dunia. 

  1. American Murder: The Family Next Door (2020)

Pembunuhan keluarga Watts di Colorado, Amerika Serikat jadi salah satu kasus yang paling ramai dibicarakan seluruh dunia pada 2018. Pasalnya, Christopher Lee Watts, sang kepala keluarga, jutsu yang jadi pelaku pembunuhan keji keluarganya tersebut. Ketika diinterogasi, Chris Watts mengaku membunuh Shanann Cathryn Watts, sang istri yang saat itu sedang hamil dengan mencekiknya sampai mati. Kemudian, Chris Watts juga membunuh kedua putrinya. Dia pun akhirnya menerima hukuman penjara seumur hidup dari pengadilan Amerika Serikat.

Sutradara Jenny Popplewell pun kemudian menggarap kasus pembunuhan ini menjadi sebuah film dokumenter kriminal yang tayang di Netflix pada September tahun lalu. Dengan rekaman arsip termasuk posting media sosial, rekaman penegak hukum, pesan teks, dan rekaman video rumah, kita bisa lihat bagaimana kelengkapan kisah keluarga Watts. Menurut salah satu kritikus dari The New York Times, Popplewell berhasil menyajikan kasus ini lebih dari sekadar film dokumenter kriminal. American Murder: The Family Next Door bisa dibilang sebagai film tematik tentang pernikahan dan “penipuan” di media sosial yang juga menampilkan kekerasan rumah tangga di baliknya.

  1. Making Murderer (2015) 

Setelah 20 tahun dipenjara atas kejahatan yang enggak dia lakukan, Steven Avery akhirnya bebas dari tuduhan pada 2003 berkat hasil tes DNA yang membuktikan dirinya tak bersalah. Di tengah proses menuntut kepolisian atas kesalahan tuduhan tersebut, Avery malah tersandung kasus pembunuhan atas fotografer Teresa Halbach pada 2005. Pembunuhan tersebut juga melibatkan Brendan Dassey, keponakan dari Avery sendiri.

Digarap selama lebih dari 10 tahun oleh Laura Ricciardi dan Moira Demos, kisah Avery dikemas dalam dua musim serial dokumenter dengan total dua puluh episode. Ricciardi dan Demos awalnya bertemu di tempat kuliah mereka, Columbia University dengan jurusan film. Setelah membaca artikel The New York TImes tentang kasus Avery, mereka sepakat menganggap kasus tersebut menarik untuk dijadikan dokumenter.

Akhirnya, Ricciardi dan Demos pun berkolaborasi dan terus mengikuti perkembangan kasus Avery. Mulai dari penangkapan, pembebasan, hingga menggali lebih dalam tentang keluarga Avery. Serial dokumenter ini pun mendapat banyak pujian dan berhasil meraih rating 98% di Rotten Tomatoes.

 

  1. Don’t F**k With Cats (2019)

Masuk dalam jajaran Top 5 dokumenter Netflix yang paling banyak ditonton pada 2019, Don’t F**k With Cats mengisahkan investigasi amatir oleh para pengguna Facebook dari seluruh dunia untuk menemukan pria asal Kanada, Luka Magnotta. Berawal dari posting video keji pembunuhan anak kucing pada 2010, Magnotta akhirnya menjadi pembunuh dan pelaku mutilasi yang terobsesi menjadi pusat perhatian dunia.

Sutradara Mark Lewis pun mengemas kasus Luka Magnotta ini ke dalam tiga bagian serial dokumenter. Mulai dari video viral pembunuhan anak kucing, pencarian Luka Magnotta oleh para pengguna Facebook yang marah, hingga kasus Magnotta yang membunuh dan memutilasi Jun Lin, mahasiswa asal China pada 2012. Sempat kabur beberapa kali, Magnotta akhirnya ditangkap di sebuah kafe ketika sedang membaca berita tentang kasus pembunuhan yang dilakukannya.

  1. Dirty Money (2018)

Dirty Money mengisahkan korupsi di perusahaan, penipuan saham dan investasi, serta manipulasi akuntansi yang dikemas dalam total 12 episode. Tiap-tiap episode mengangkat satu kasus sendiri beserta investigasi dan wawancara eksklusif dengan praktisi dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Diproduksi oleh pembuat dokumenter peraih Oscar, Alex Gibney, Dirty Money berhasil meraih ulasan yang positif. Dari 13 ulasan di Rotten Tomatoes, serial dokumenter yang terdiri dari dua musim ini berhasil meraih skor 100%. Serial ini dinilai begitu informatif dalam mengekspos keserakahan perusahaan. Dirty Money juga berhasil mengemas dengan sederhana bagaimana perilaku tak beretika para korporasi yang begitu maruk dan merugikan.

  1. Strong Island (2017)

Digarap oleh Yance Ford, Strong Island berkisah tentang pembunuhan saudaranya sendiri, William dan bagaimana pembunuhan tersebut menimbulkan efek keras yang dirasakan keluarganya. William Ford adalah seorang guru berdarah Afrika-Amerika yang dibunuh oleh Mark P. Reilly, seorang mekanik berkulit putih yang akhirnya memenangkan pengadilan dengan juri yang semuanya berkulit putih.

Tak hanya menyajikan kasus pembunuhan saudaranya, Ford mengupas lebih dalam bagaimana diskriminasi ras di Amerika melalui film dokumenter garapannya tersebut. Film ini pun tayang pada ajang Sundance Film Festival 2017 dan berhasil meraih sejumlah penghargaan. Mulai dari nominasi Oscar untuk “Best Documentary Feature”, nominasi Emmy Award, hingga memenangkan Gotham Independent Film Award untuk kategori “Best Documentary” pada 2017.

Nah, itulah sejumlah film dan serial dokumenter kriminal rekomendasi Netflix yang penuh investigasi dan menegangkan. Manakah yang paling tertarik untuk kalian tonton?

Source:

https://www.kincir.com/movie/cinema/dokumenter-kriminal-netflix-VXvc1WxX8yN7


Artikel Terkait

Viewer : 4 User: