Self Improvement, Tips, Informasi

Ciri Orang Manipulatif yang Harus Kamu Ketahui


tanggal post : 23 February 2022
Ciri Orang Manipulatif yang Harus Kamu Ketahui

Manipulasi adalah cara untuk menyerang orang secara emosional dan mental korban untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Orang yang manipulatif biasanya akan menggunakan kelemahan seseorang untuk menyerang sehingga mereka bisa mengontrol dan memanfaatkan korbannya.Berikut ini beberapa ciri orang yang manipulatif yang harus diwaspadai.

1. Terbuka pada siapa saja

Orang yang manipulatif biasanya akan terbuka pada orang lain, mereka mudah berbagi rahasia dan kelemahannya agar kamu merasa istimewa. Sehingga, kamu juga mudah membuka rahasia pada mereka. Rahasia ini suatu saat akan dijadikan senjata untuk melawan atau memanfaatkanmu.

2. Memutarbalikkan fakta

Seorang yang manipulatif juga sering memutarbalikkan fakta. Mereka pandai berbohong, membuat alasan, menyembunyikan kebenaran bahkan sering melempar kesalahan pada orang lain. Orang yang manipulatif juga akan membuatmu terpojok karena merasa dirinya lebih berkuasa.

3. Mengambil Keuntungan

Orang yang manipulatif akan melakukan berbagai cara untuk menguntungkan dirinya sendiri. Tidak peduli apa yang ia perbuat dan seberapa merugikannya untuk orang lain, orang manipulatif tetap akan melakukannya. Mereka juga tidak memiliki empati pada orang lain.

4. Suka menyalahkan orang lain

Saat merasa terpojokkan, orang yang manipulatif akan menyalahkan orang lain agar posisinya aman. Biasanya, ia akan mencari kesalahan orang untuk menutupi keburukannya. Jadi, ia tidak akan dibenci oleh lingkungan sekitarnya dan reputasi tetap bagus.

5. Egois

Orang yang manipulatif juga akan cenderung mementingkan dirinya sendiri. Mereka tidak pernah peduli dengan kepentingan orang lain demi mendapatkan apa yang mereka inginkan. Bahkan, jika itu merugikan orang lain mereka tak peduli.

Nah, itulah sekian ciri orang yang manipulatif yang patut kamu waspadai.

Sumber:

https://www.fimela.com/lifestyle/read/4721648/5-ciri-orang-manipulatif-yang-harus-diwaspadai


Artikel Terkait

Viewer : 78 User: