Kesehatan, Informasi, Tips

Rutinitas Malam yang Wajib Kamu Lakukan Agar Hidupmu Lebih Baik


tanggal post : 25 January 2022
Rutinitas Malam yang Wajib Kamu Lakukan Agar Hidupmu Lebih Baik

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat. Apabila di pagi hingga sore hari kamu terus melakukan kegiatan-kegiatan produktif, maka malam hari adalah waktunya tubuh dan pikiran rileks. Nggak ada lagi beban tugas, nggak ada lagi beban pekerjaan, nggak ada lagi masalah keluarga dan pertemanan. 

Sejenak biarkan raga, nalar dan nalurimu istirahat.

Memang masalahmu nggak akan semerta-merta hilang tanpa jejak, atau terselesaikan dengan segera. Nope. Keesokan hari kamu bangun pun, hal-hal itu akan tetap sama. 

Nah, garis bawahi ‘akan tetap sama’.

Karena masalah itu nggak akan selesai dengan sendirinya, jangan siksa dirimu dengan memikirkannya secara berlarut yang justru menganggu waktumu beristirahat. Take deep breath dan biarkan semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Ciptakan rutinitas sebelum tidur yang akan membantumu menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

Mengapa Rutinitas Malam Penting?

Manusia adalah makhluk yang mudah terbiasa.

Rutinitas yang kamu lakukan sebelum tidur, apabila diulang setiap malam, hal itu akan membuat otak mengenali tanda waktunya tidur.

Rutinitas malam juga dapat membantumu mengurangi rasa stress dan kecemasan yang biasa timbul di malam hari. Stres dan cemas itulah yang nantinya menyebabkan insomnia.

Rutinitas malam menjadi penting karena akan membuatmu lebih fokus melakukan kegiatan sebelum tidur dan memaksa diri untuk relax. 

Rutinitas Malam yang Dapat Kamu Lakukan

Berikut kami rangkum, hal-hal apa saja yang cocok menjadi rutinitasmu sebelum tidur.

  1. Tentukan jam tidurmu

Tidur dan bangun adalah bagian dari lingkar hidup yang sudah ditakdirkan. Agar lebih efektif, ada baiknya kamu menentukan jam tidur dan jam bangunmu. Lakukan hal ini setiap hari agar otakmu terbiasa dengan polanya.

  1. Siapkan tempat tidurmu

Padamkan lampunya, turunkan suhunya, siapkan selimut ternyamanmu, nyalakan aromatherapy favoritmu. Sudah? Sekarang, cukup berbaring dan biarkan suasana ini menarikmu ke alam mimpi.

  1. Jangan sentuh barang-barang elektronikmu

Baca baik-baik ya! Netflix yang kamu tonton nggak akan membuatmu tidur, Instagram yang sedang kamu kepoin nggak akan membuatmu mengantuk, thread Twitter yang kamu baca nggak akan membuatmu rileks. Berhenti ulur-ulur waktu, dan fokus pada nafasmu.

  1. Have a light snack

Makanan berat sebelum tidur akan membuat perutmu terasa penuh, tapi rasa lapar juga akan membuat tidurmu nggak nyaman. Makan yang ringan-ringan agar laparmu hilang dan tidurmu nyaman.

  1. Stretch, breath and relax

Stop overthinking and over-analyzing. Hal buruk yang di kepalamu, belum tentu jadi nyata. Yuk, sedikit pemanasan, pernafasan, dan rileksasi.

  1. Tuliskan daftar kegiatan atau tugas yang akan kamu lakukan esok hari

Menulis jurnal kegiatan atau daftar kegiatan sangat membantumu meluruskan benang-benang kusut dalam kepalamu. Merencanakan kegiatan untuk keesokan hari juga sangat membantu hidupmu lebih terarah.

Source:

How to Build a Better Bedtime Routine for Adults | Sleep Foundation


Artikel Terkait

Viewer : 9 User: