Kesehatan, Informasi, Tips

Yuk, Kenali Hipotensi si Lawan dari Hypertensi


tanggal post : 17 December 2021
Yuk, Kenali Hipotensi si Lawan dari Hypertensi

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah suatu kondisi di mana angka tekanan darah  berada di bawah angka normal. Selain itu, tekanan darah rendah menandakan bahwa jantung, otak, dan beberapa bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan darah sesuai dengan kebutuhannya.

Lantas apa sih, penyebab dari hipotensi?

Penyebab Hipotensi

1. Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh otomatis akan merasa lemas, pusing dan mudah lelah.

2. Masalah Kesehatan Jantung

Beberapa masalah kesehatan jantung dapat menyebabkan hipotensi seperti detak jantung lemah, penyakit katup jantung, serangan jantung hingga gagal jantung.

Masalah-masalah tersebut, menyebabkan fungsi jantung saat melakukan sirkulasi darah tidak bekerja secara maksimal.

3. Kehamilan

Saat seorang wanita hamil, maka sistem perederan darahnya meluas dengan cepat sehingga menyebabkan tekanan darah rendah.

4. Masalah Endokrin

Masalah-masalah seperti hipotiroidsme, kekurangan hormone adrenal, diabetes, gula darah rendah hingga gangguan paratiroid, dapat menjadi penyebab hipotensi.

5. Anemia

Anemia menyebabkan hemoglobin pada tubuh rendah sehingga menyebabkan tubuh tidak memiliki cukup darah. Maka otomatis, tekanan darah ikut menurun.

6. Infeksi Serius

Salah satu penyebab hipotensi adalah infeksi yang serius. Jika bakteri masuk ke dalam aliran darah, kemungkinan dapat terjadi tekanan darah rendah yang disebut syok septik. Racun pada bakteri dapat mempengaruhi pembuluh darah. Apabila ini terjadi, hipotensi dapat membahayakan nyawa.

7. Alergi

Alergi yang muncul karena makanan, obat-obatan tertentu seperti penisilin, sengatan lebah, makanan kucing,atau racun serangga juga dapat menyebabkan hipotensi.

8. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan vitamin B-12, asam folat dan zat besi dapat menyebabkan anemia. Kurangnya darah dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah.

9. Usia

Semakin renta usianya, maka semakin besar kemungkinan mengidap hipotensi. Hal ini sendiri lumrah terjadi pada usia 65 tahun ke atas.

Cara Mengatasi Hipotensi

Untuk mengatasi hipotensi, kamu bisa menerapkan cara-cara ini.

  1. Minum banyak air putih
  2. Jaga pola makan sehat
  3. Rutin berolahraga
  4. Ketika mengubah posisi tubuh, lakukan dengan perlahan

Artikel Terkait

Viewer : 1 User: