Wisata, Kuliner, Indonesia

Surabaya, Kota Indah dengan Sejuta Taman Mempesona


tanggal post : 08 December 2021
Surabaya, Kota Indah dengan Sejuta Taman Mempesona

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang terletak di Jawa Timur dan berada di bawah kepemimpinan Walikota perempuan yang sangat terkenal yaitu Tri Rismaharini.

Surabaya sendiri dikenal sebagai kota dengan tata kota dan taman yang indah. Penasaran? Ini contohnya!

  1. Taman Bungkul
  2. Taman Suroboyo
  3. Taman Cahaya
  4. Pemandangan Kota Surabaya

Asal Usul Nama Surabaya

Suro dan Boyo berasal dari bahasa Jawa yang artinya hiu dan buaya. Menurut mitos, dua hewan ini adalah binatang paling kuat yang menjadi simbol kota.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Surabaya berasal dari istilah Sura Ing Baya, yang artinya “berani menghadapi bahaya.”

Kuliner Favorit di Surabaya

Berlibur ke Surabaya tanpa mencicipi makanan khas kota ini, jelas sia-sia. Nah, ada baiknya kamu baca nih daftar makanan khas Surabaya yang wajib kamu cicipi.

1. Rujak Cingur

Rujak cingur khas Surabaya terdiri dari sayuran rebus seperti kangkung, tauge, kacang panjang dan cingur atau bibir sapi yang disiram saus kacang petis udang.

2. Rawon Setan

Kalau kamu berpikir makanan ini sangat padas, maka kamu salah. Makanan ini disebut sebagai rawon setan, karena awal buka sekitar pukul 23.00 WIB dini hari. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena sekarang rawon setan memiliki jam buka mulai dari pukul 19.00 WIB.

Makanan dengan kuah hitam ini dilengkapi dengan lauk bervariasi seperti daging, jeroan, telur, hingga buntut sapi. Semuanya tergantung dari pilihan konsumen yang memesan.

3. Pecel Semanggi Suroboyo

Tidak seperti pecel pada umumnya, pecel ini menggunakan daun semanggi dengan bumbu yang terbuat dari ubi rambat, kacang tanah, gula merah dan petis. Tidak menggunakan sendok, melainkan menggunakan kerupuk dengan penyajian diatas daun pisang yang dipincuk. Pecel semanggi sendiri termasuk salah satu kuliner langka karena penjualnya juga tidak banyak.

4. Tahu Tek

Tahu tek berisi tahu, lontong, telur dadar, kentang, sedikit taoge. Dalam penyajiannya, tahu tek disiram dengan bumbu kacang yang sudah di campur dengan petis udang.

5. Sego Sambel

Menu sego sambel atau nasi sambal dan ragam penyetan, menjadi pilihan makanan yang pastinya akan menggugah selera kamu. Cita rasa pedas dan gurihnya lauk-pauk yang digoreng, akan semakin mantap berpadu dengan nasi. Nasinya pun bisa dipilih mau nasi putih atau nasi jagung. Lauk-pauknya yang tersedia juga gak kalah menarik seperti ayam goreng, telur, tahu, tempe, hingga iwak pe (ikan pari).


Artikel Terkait

Viewer : 39 User: