Kesehatan, Informasi, Tips

Stop Bergadang, Yuk Tidur Lebih Cepat


tanggal post : 03 December 2021
Stop Bergadang, Yuk Tidur Lebih Cepat

“Bergadang jangan bergadang, kalau tak ada artinya…”

Mengutip ucapan raja dangdut kebanggaan kita, hentikan kebiasaan bergadangmu! Bergadang sendiri telah menjadi masalah yang umum terjadi di masyarakat kita. Ada yang bergadang karena mengejar deadline tugas, ada yang bergadang karena murni susah tidur, atau ada juga yang bergadang karena marathon series.

Bahaya Bergadang

Tubuh sudah diciptakan sedemikian rupa dan memiliki waktu beristirahatnya. Kalau kamu bergadang, waktu beristirahat jadi terganggu dan berdampak negatif pada kesehatan.

Apa saja sih dampak negatifnya?

1. Sulit Konsentrasi

Tidur yang cukup akan membantu proses nalar dan belajar. Maka ketika seseorang bergadang, tingkat kewaspadaan, nalar, daya tangkap dan daya ingatnya akan berkurang.

2. Memunculkan Penyakit Serius

Bergadang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serius seperti:

  • Stroke
  • Diabetes
  • Serangan dan penyakit jantung
  • Gagal jantung
  • Peningkatan detak jantung
  • Tekanan darah tinggi

3. Menurunkan Gairah Seksual

Bergadang akan menguras energi dan menyebabkan rasa kantuk berlebih sehingga dapat menurunkan libido dan gairah untuk berhubungan seks.

4. Memicu Obesitas

Tidur memiliki kontribusi terhadap dua hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Sering bergadang akan menurunkan fungsi hormon, sehingga menimbulkan rasa lapar secara terus-menerus.

5. Penurunan Produksi Hormon

Penurunan produksi hormon dapat terjadi akibat kurang tidur. Bagi pria, hormon testosterone adalah yang paling sering terkena dampak. Sehingga memicu timbulnya lemak, kurangnya massa otot, kerapuhan tulang dan mudah lelah.

 

Source:

https://www.halodoc.com/artikel/terlalu-sering-begadang-ini-dampaknya-pada-tubuh


Artikel Terkait

Viewer : 41 User: