Kehidupan, Lingkungan

Manfaat Peduli Dengan Lingkungan Hidup


tanggal post : 29 July 2020
Manfaat Peduli Dengan Lingkungan Hidup

MANFAAT PEDULI DENGAN LINGKUNGAN HIDUP

            Lingkungan hidup adalah suatu kawasan atau keadaan yang ada di sekeliling manusia yang dapat mempengaruhi semua aspek kehidupan. Lingkungan dapat mencakup apa saja yang ada disekitar kita, contohnya jalanan, tetangga dan warung.

Itu semua termasuk ke dalam lingkungan karena, semua yang ada di sekitar itu disebut dengan lingkungan. Lingkungan hidup sangatlah berpengaruh besar terhadap manusia, contohnya masa depan, kejiwaan, cara berpikir, kehidupan socialnya dan karakter. Kita sebagai manusia harus peduli terhadap lingkungan hidup kita masing-masing. Kita harus dapat mencari lingkungan hidup yang benar-benar mendukung dan sesuai dengan cara kehidupan kita berjalan. Jika kita hidup di lingkungan yang bersih dari narkoba, kompak dengan tetangga, bersih dari sampah dsb, kita akan lebih tenang untuk hidup. Dengan lingkungan yang seperti itu, manusia dapat tinggal dan hidup dengan tenang dan senang. Mereka merasa tenang karena kekompakan antar tetangga sangat erat, sehingga menumbuhkan rasa saling percaya dan menjaga satu sama lain.

Lingkungan yang indah seperti ini, membuat orang disekitar juga menjadi semangat menciptakan atau mengejar mimpinya dan cita-citanya. Akan tetapi di lingkungan yang bagus sekalipun, pasti ada beberapa yang memiliki sifat yang bertimbal balik dengan yang lain. Ada yang ingin merusak suasana lingkungan dan ada yang hanya diam atau sedang mencoba untuk membaur. Bukan berarti yang sifatnya berlawanan tidak boleh tinggal di lingkungan seperti itu. Tetapi tidak seharusnya mereka merusak suasana lingkungan hidup yang sudah lama tercipta. Karena dengan merusak lingkungan hidup yang sudah membuat mereka nyaman mungkin dapat merusak masa depan mereka. Lebih baik diam dan tidak perlu merusak lingkungan lain. Pada lingkungan yang memiliki unsur negative,sangat banyak kejadian-kejadian maupun tindakan criminal yang terjadi didaerah tersebut. Kejadian-kejadian seperti itu yang dapat membuat pikiran dan hati manusia tidak tenang. Pikiran mereka sudah dikotori dengan kejadian-kejadian yang pernah terjadi dan kemudian mereka dihantui dengan rasa ketakutan.

Rasa takut tersebut datang baik ketika mereka didalam rumah maupun sedan diluar rumah. Dengan pikiran yang tidak jelas dan bercabang-cabang, manusia tidak dapat fokus dalam menjalankan rutinitasnya dan masa depan yang ingin digapainya. Bukan berarti orang-orang yang di lingkungan hidup seperti itu tidak bisa sukses, akan tetapi jalan yang akan ditempuhnya mungkin lebih berat dari orang yang hidup di ingkungan yang positif.

            Secara keseluruhan, lingkungan hidup itu termasuk hal yang penting untuk dipikirkan. Jika memang mau sukses dan memiliki masa depan yang cerah, sebaiknya pilih lingkungan hidup yang positif. Tetapi tidak semua orang dapat hidup langsung di lingkungan yang positif. Ada beberapa orang yang harus hidup di lingkungan yang negative, mungkin karena keadaan atau ada masalah. Akan tetapi, dengan berusaha keras, kita pasti dapat keluar dari lingkungan hidup negative tersebut untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Segala kerja keras kita pasti ada hasil yang memuaskan kita dikemudian hari nanti.


Artikel Terkait

Viewer : 69