karir, danmogot.com, concept.id

3 Alasan Mengapa HR Memegang Peranan Penting Terhadap Kesuksesan Perusahaan


tanggal post : 08 December 2018
3 Alasan Mengapa HR Memegang Peranan Penting Terhadap Kesuksesan Perusahaan

 

Direktur HR biasanya tidak dianggap sebagai ‘tangan kanan’ CEO. Padahal, mereka seharusnya menjadi ‘tangan kanan’ karena memegang peranan penting terhadap kesuksesan perusahaan. Tanpa mereka, perusahaan tidak akan mendapatkan karyawan terbaik dengan keahlian yang dibutuhkan.

Berikut adalah 3 alasan mengapa HR memegang peranan penting dalam kesuksesan setiap perusahaan:

1. Mereka merekrut karyawan terbaik

Pada tahun 2015 survei di CareerBuilder menyatakan sebanyak 48 % CEO mengatakan bahwa perusahaan mereka mengalami kerugian dikarenakan proses perekrutan karyawan yang tidak efisien. Disinilah peran departemen HR dibutuhkan. Mereka tidak akan merekrut karyawan secara terburu-buru, melainkan mencari karyawan yang terbaik untuk pekerjaan tersebut sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan.

Departemen HR lebih fokus kedalam tahap setelah perekrutan seperti mempertahankan karyawan yang baru dan performa karyawan tersebut daripada menghitung biaya dan waktu yang dikeluarkan dalam sebuah proses perekrutan. Fokus pada kesuksesan karyawan baru merupakan hal penting yang akan mempengaruhi kesuksesan organisasi. Bilamana jika karyawan baru tersebut nyaman bekerja maka akan menumbuhkan loyalitas untuk perusahaan.

2. Fokus terhadap employee engagement

Employee engagement dilihat sebagai salah satu masalah besar di tempat kerja. Namun dalam kasus ini, HR mengambil peran untuk memastikan bahwa semua karyawan dilibatkan. Employee engagement tersebut dibagi menjadi beberapa faktor, termasuk penghargaan kepada karyawan, feedback, pembelajaran dan perkembangan, kompensasi, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan diluar itu.

Mengumpulkan feedback karyawan dengan melakukan survei secara teratur atau melalui program pemberian penghargaan merupakan startegi terbaik departemen HR agar employee engagement sesuai dengan budaya karyawan dan perusahaan.

Dengan mengenali, memotivasi, dan mengikutsertakan karyawan akan berdampak besar pada perusahaan. Berdasarkan survei di Globoforce tahun 2016 menyatakan bahwa sebanyak 82 % karyawan merasa mereka lebih dihargai dan diakui, dan lebih diikutsertakan, dan sebanyak 78 % karyawan merasa bekerja lebih produktif.

3. Wawasan mereka meningkatkan bisnis

HR memiliki pandangan yang unik terhadap perusahaan dan orang-orang yang ada didalamnya. Menurut survei CareerBuilder mengatakan bahwa sebanyak 65% CEO mengatakan bahwa pendapat HR membawa pengaruh besar dalam manjemen perusahaan.

Jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana, departemen HR mempunyai pemahaman yang mendalam mengenai keahilan dan bagaimana karyawan akan bekerja. Departemen HR yang efektif, akan membantu perusahaan agar mendapat yang terbaik dari karyawan, sambil menjaga mereka agar tetap senang. Dengan wawasan HR yang luas, para karyawan akan membuat keputusan bijak dimana dengan menginvestasikan keahilan yang dimiliki agar berguna untuk semua orang.

 


Artikel Terkait

Viewer : 171 User: