karir, pemimpin

6 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin


tanggal post : 07 December 2018
6 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

6 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

 

Menjadi pemilik bisnis berarti Anda harus memiliki sifat leadership yang baik. Kenapa? Ksrena sikap seorang leader dalam perusahaan memiliki peran penting dan sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Anda juga harus bisa menjadi contoh yang baik dan menjadi sahabat bagi seluruh karyawan Anda. Untuk itu, sebagai pemilik bisnis sekaligus leader dalam bisnis, Anda harus memiliki sikap dan kemampuan khusus untuk menjalankan tugas Anda dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang harus dimiliki seorang pemimpin atau leader.

Jujur

Kejujuran adalah sifat yang harus dimiliki dan tidak boleh dilupakan oleh seorang pemimpin. Dengan memiliki sifat ini, karyawan akan lebih percaya dan dapat bekerja dengan tenang dan aman. Karena, setiap perkataan yang keluar dari mulut Anda sudah pasti benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Sifat jujur ini menjadi kunci penting dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Softskill yang baik

Sebagai seorang pemimpin Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik ke seluruh karyawan hingga ke pihak eksternal perusahaan. Dengan memiliki keampuan komunikasi yang baik, karyawan maupun pihak lain akan lebih mudah mengerti apa yang ingin Anda sampaikan dan lakukan. Seorang pemimpin atau leader juga harus memastikan bahwa pesan ang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh karyawan maupun pihak eksternal yang berkepentingan. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kesalahpahaman atau berbeda pandangan.

Adil

Dengan bersikap adil berarti Anda tidak boleh membeda-bedakan karyawan satu dan yang lainnya. Hali ini tentu dapat menimbulkan kecemburuan sosial antar karyawan yang bisa menyebabkan kehancuran dalam sebuah tim. Pemimpin yang adil akan lebih tahu pekerjaan apa yang pantas diberikan kepada karyawannya dan berapa gaji yang pantas diberikan kepada karyawan tersebut atas kerja kerasanya. Dengan memiliki sikap ini, karyawan akan lebih menghormati Anda sebagai pemimpin, dan Anda akan lebih disukai oleh karyawan.

Membangun tim dengan baik

Memiliki tim yang baik dan solid tidak mudah. Membangun tim seperti itu bukan hanya membuat karyawan nyaman tapi juga bisa membantu Anda mengembangkan bisnis. Untuk memiliki tim yang seperti itu Anda harus membangun kekompakan dalam tim. Mulailah mengobrol sesuatu yang menarik misalnya tentang film, olahraga, music, dan lainnya. Anda juga bisa mengajak mereka menonton bersama, minum kopi, dan kegiatan lainnya yang bisa mendekatkan diri Anda dengan mereka.

Paham akan kondisi

Menjadi seorang pemimpin, berarti Anda harus mengetahui dan memahami kondisi yang terjadi dengan baik, mulai dari konsep, kelebihan dan kekurangan bisnis, hingga kondisi masing-masing karyawan. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah membantu menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dan mengetahui apa saja risiko yang bisa diterima perusahaan dengan solusi yang Anda berikan. Anda juga tidak bisa memberikan solusi yang sama di setiap permasalahan dan untuk setiap orang.

Manajemen waktu

Menjadi leader atau pemimpin berarti Anda siap menerima tugas yang lebih besar, bukan hanya melakukan pengecekan atas pekerjaan yang dilakukan karyawan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengelola waktu sebaik-baiknya untuk diri sendiri maupun bisnisnya. Dengan tidak memiliki manajemen waktu yang baik, mungkin saja seluruh pekerjaan Anda.


Artikel Terkait

Viewer : 140 User: