marketing, pemasaran, manajemen, karir, bisnis

Yuk Simak Pengertian Promotion Mix


tanggal post : 07 December 2018
Yuk Simak Pengertian Promotion Mix

Yuk Simak Pengertian Promotion Mix

 

Promotion mix atau adalah bagian dari variabel marketing mix (bauran pemasaran) di mana promotion mix ini merupakan perpaduan khusus antara iklan,penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat yang dipakai oleh perusahaan untuk mendapatkan tujuan iklan dan pemasarannya. bagian dari variabel marketing mix (bauran pemasaran).

(Baca Tulisan Saya Sebelumnya Tentang Marketing Mix)

Promotion Mix terdiri dari advertising, sales promotion, publicity, personal selling, direct marketing, dan interactive media.

Advertising

Advertising adalah segela bentuk komunikasi nonpersonal mengenai suatu produk, jasa, perusahaan atau ide yang di bayar oleh satu sponsor yang diketahui. Keuntungan memakai  strategi advertising ini dapat menjangkau luas agar masyarakat lebih mudah mengetahui sesuatu yang ditawarkan perusahaan. Advertising yang menggunakan media pasti akan lebih efektif seperti spanduk, billboard, brosur, media sosial, dan lain-lain.

Sales Promotion

Sales promotion adalah suatu kegiatan perusahaan dalam menjajakan suatu produk yang dipasarkan sedemikian rupa bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan dengan tujuan agar konsumen mudah melihatnya dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan jumlah pelanggan dalam waktu singkat. Contoh dari sales promotion seperti diskon, kupon undian, percobaan produk gratis, dan lain-lain.

Publicity

Menurut Philip Kotler publicity adalah berbagai program untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan maupun produk individualnya. Publicity ini biasanya untuk menarik perhatian konsumen melalui kegiatan seperti pameran, bakti sosial, dan kegiatan lainnya. Publicity ini dapat menaikkan pamor perusahaan dimata para konsumennya. Oleh karena itu publicity perlu sering dilakukan.

Personal Selling

Personal selling adalah presentasi pribadi oleh perusahaan dengan tujuan melakukan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan lebih singkatnya berinteraksi dengan calon pembeli. Dengan melakukan personal selling secara tidak langsung perusahaan telah mendemonstrasikan produk atau jasanya. Meskipun melakukan promosi dengan cara personal selling menggunakan biaya yang cukup tinggi karena membutuhkan salesman atau salesgirl yang banyak namun keuntungan dengan menggunakan cara ini sangat membantu perusahaan untuk menuju target pasar potensial.

Direct Marketing

Direct marketing adalah system pemasaran yang memakai berbagai media iklan untuk berinteraksi  secara langsung dengan target konsumen. Biasanya interaksi ini dilakukan melalui telepon, email, atau bertemu langsung dengan konsumen untuk mendapatkan respon langsung.  Berikut bentuk-bentuk direct marketing seperti :

  • Telemarketing
  • Direct Mail
  • Catalog Marketing
  • Television
  • Online Marketing
  • Direct Respon
  • Personal Selling

Artikel Terkait

Viewer : 247 User: