Sampah Plastik, Daur Ulang, Tong Sampah

Manfaat Daur Ulang Sampah Plastik Bagi Lingkungan


tanggal post : 25 June 2018
Manfaat Daur Ulang Sampah Plastik Bagi Lingkungan

Plastik terbuat dari bahan kimia yaitu polimer. Plastik pada saat sekarang banyak digunakan untuk mengangkut belanja dan barang – barang dalam berat yang masih bisa di jinjing oleh tangan. Hampir di semua toko menyediakan plastik untuk membantu para langganannya untuk membawa barang – barang belanjaan.

Namun ada yang kurang dari plastik, disamping manfaatnya yaitu plastik yang sudah tidak digunakan atau di buang yang biasa disebut dengan sampah plastik tidak bisa terurai dengan begitu saja di tanah. Dan saat di bakar pun plastik yang mengandung zat kimia ini akan melepaskan zatnya dan merusak lingkungan sekitar.

Kandungan plastik

Plastik mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kebersihan lingkungan. Kandungan yang terdapat di dalam plastik adalah karsinogen yang mengandung racun yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti tumor, endokrin dan genital.

Ada salah satu cara yang dapat meminimalisir dari dampak negatif yang timbul dari penggunaan plastik yang berlebihan yaitu dengan daur ulang. Sekarang sudah banyak komunitas komunitas yang di dirikan yang bertujuan untuk melakukan daur ulang pada palstik untuk di jadikan nilai yang dapat di jual dari sampah plastik yang sebelumnya tidak bernilai di masyarakat.

Berikut ini di jelaskan manfaat sampah plastik bagi kehidupan sehari – hari :

1. Pupuk organik

Manfaat pertama dari sampah plastik adalah sebagai pupuk organik. Plastik yang tidak digunakan lagi dapat di kubur dan dicampur dengan tanah yang mengandung banyak unsur hara. Pupuk organik dapat di berikan untuk menyuburkan tanaman – tanaman agar dapat berkembang biak dengan subur.

2. Pakan ternak

Pakan ternak atau makanan untuk ternak juga setengahnya di dapat dari sampah plastik yang sebelumnya sudah di daur ulang. Banyaknya manfaat dari sampah plastik ini menjadikan kita tidak ragu untuk mengolah bahan ini menjadi lebih baik. Dan penyebaran dari pakan ternak ini memberikan keuntungan jika kita produksi lebih banyak maka dapat kita jual kepada orang yang membutuhkan pakan ternak.

3. Kerajinan

Pernah anda melihat kerajinan tangan yang indah dan memukau banyak mata namun berasal dari sampah plastik. Salah satu kerajinan yang indah itu juga mampu menarik perhatian sebagai produk yang di ekspor keluar untuk di jual dan laku besar besaran disana. Jika itu terjadi bisa di bayangkan siapa yang akan memiliki banyak keuntungan yang di berikan. Tentu pencipta kerajinan yang indah ini yang beruntung.

4. Wadah lain

Manfaat dari sampah plastik yang lain adalah sebagai wadah lain. Wadah lain disini berarti di manfaatkan sebagai tempat untuk melukis ataupun mengambar. Jika selama ini banyak yang melukis diatas kertas dan kanvas maka melukis di atas plastik memberikan kesan yang bernilai dan unik sehingga menimbulkan keunikan yang menjadi salah satu daya tariknya sebagai wadah lain yang dimanfaatkan dalam menambah penghasilan.

Yang harus kita lakukan pertama sebelum mendaur ulang sampah plastik ini, tentunya dengan memisahkan antara sampah plastik ini dengan sampah jenis lain. Tujuannya adalah agar kita lebih mudah memanfaatkan sampah plastik untuk menjadi suatu karya seni yang bernilai atau barang bermanfaat lainnya. Pastikan anda memiliki tong sampah yang cukup untuk memisahkan kedua jenis sampah ini, agar tidak menimbulkan bau menyengat pada sampah non plastik, maka anda harus memiliki tong sampah yang tertutup.

Danmogot.com memberikan solusi kepada anda untuk memilih tong sampah yang tepat, yaitu Tong Sampah dengan pijakan produk X5 Australia. Tong sampah dengan pedal ini berukuran sedang dan dengan bobot ringan jadi dapat memudahkan anda dalam memindahkannya dan tentunya tidak banyak mengeluarkan tenaga. Tong sampah ini memiliki kapasitas 10 liter.

Jika anda tertarik untuk melihat dan membeli produk ini, anda bisa langsung kunjungi website kami www.danmogot.com

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CSO kami: 0822 99 777 633 / 0822 111 23 633

Bisa juga langsung datang ke kantor pusat danmogot.com di Jl. Alfalah Gedung Concept.id no 19, Suka subur, Simpang STM, Medan.

Kami akan melayani pembelian offline ataupun online secara baik.


Artikel Terkait

Viewer : 8211 User: