Ulasan Ban

Mengenal Berbagai Macam Tapak Ban


tanggal post : 04 December 2015
Mengenal Berbagai Macam Tapak Ban

Hai BoBers, setiap ban memiliki karakteristik khusus sesuai dengan kebutuhan. Dalam karakteristik ini,  tapak ban juga memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Mau tau apa saja jenisnya, simak ulasan Mr.BoB dibawah ini.

ban asimetris
Gambar : Ban Asimetris

Asimetris
Sesuai namanya, ban jenis ini memiliki tapak atau kembang tidak simetris. Untuk menggunakannya di pelek, Anda tidak memakai petunjuk arah gelinding, melainkan petunjuk bagian dalam dan bagian luar ban. Saat ini tapak asimetris banyak dipakai pabrikan ban untuk line-up premium mereka. Hal ini menunjukkan kalau tapak asimetris dinilai baik untuk mengakomodir segala jenis cuaca dengan kenyamanan optimal.

ban undirectional
Gambar : Ban Unidirectional

Unidirectional
Dikenal pula sebagai ban satu arah. Artinya ban hanya akan bekerja optimal bila diluncurkan searah yang direkomendasi pabrikannya. Biasanya ban jenis ini memiliki tapak berbentuk V atau anak panah.

ban semi slick
Gambar : Ban semi Slick

Semi-Slick
Ban jenis ini digemari pecinta kecepatan untuk meningkatkan daya cengkeram. Tapaknya juga mudah dikenali. Ban semi-slick memiliki bidang kontak maksimal dengan aspal, sehingga alur airnya sangat sedikit. Di jalan kering performanya memang sangat luar biasa. Namun, jangan coba pakai ban ini di hujan.

ban eco tyre
Gambar : Ban Eco tyre

Eco Tyre
Sekarang juga marak pabrikan ban menelurkan produk ban eco, alias bisa menghemat pemakaian BBM. Kunci utama dari ban eco ini adalah hambatan gelindingnya yang sangat rendah. Ban eco memiliki ciri khas di tapaknya. Alih-alih memakai tapak berdesain rumit, ban eco lebih sederhana tapaknya. Ini yang membuat hambatan ketika menggelinding jadi rendah. [OTO/AKM]

motor mini 2 tak

 


Artikel Terkait

Viewer : 181 User: