Kumpulan Fakta dan hal Fiktif Seputar FIlm Serial Luar Angkasa #2


tanggal post : 01 December 2015
Kumpulan Fakta dan hal Fiktif Seputar FIlm Serial Luar Angkasa #2

 tahukah kami scene dalam film tersebut ada yang merupakan Fiksi dan ada yang fakta. Kali ini Mr.BoB akan membagi antara fiktif dan mitos seputar film bertema luar angkasa.

<< Bagian 1

5. ZONA ASTEROID

zona asteroid luar angkasa

Pernahkan ente menyaksikan film luar angkasa yang mempunyai adegan menegangkan di mana pesawat luar angkasa harus berjuang untuk menghindari kumpulan asteroid agar tak menabraknya dan menghancurkan pesawat luar angkasa. Diperlukan pilot yang sangat berbakat untuk bisa sukses membawa pesawat luar angkasa hingga keluar zona asteroid.

Secara teori luar angkasa itu adalah zona yang sangat luas, sehingga membuat zona asteroid pun sangat besar, jarak antar satu asteroid dengan lainnya juga bisa sangat jauh. Secara astronomi tingkat kemungkinan pesawat yang menabrak asteroid sangatlah rendah. Nasa juga sudah menyimpulkan kejadian tabrakan dengan asteroid itu memiliki perbandingan 1: 1 milliar.

6. LUAR ANGKASA ITU PANAS

suhu luar angkasa

Banyak orang yang mengira bila berada di luar angkasa dan tersorot sinar matahari langsung itu panas menyengat. Namun kenyataannya justru sebaliknya! Luar angkasa itu sangat dingin, bahkan tubuh manusia bisa membeku dalam sekejap bila tidak terlindungi, misalnya oleh baju astronot, yang jelas lebih dingin dari di kutub sana. Lalu bagaimana dengan panas matahari ?. panas hanya bisa merambat melalui interaksi fisik dengan suatu benda. Nah, karena luar angkasa tidak memiliki udara, maka tidak ada panas yang diterima oleh tubuh.

7. SUARA TERDENGAR SAMPAI LUAR ANGKASA

suara luar angkasa, frekuensi udara

Saat sebuah roket diluncurkan dari bumi, bunyi yang ditimbulkan sanggup menghancurkan bangunan di sekitarnya. Tetapi setelah roket tersebut melewati atmosfer bumi, bunyi dari roket tersebut akan menghilang.

mini trail,gp,atv 50cc

Sama dengan panas, bunyi yang pada dasarnya adalah getaran merambat melalui perantara (udara). Dan karena luar angkasa tidak ada udara maka secara otomatis suara pun tidak bisa terdengar sama sekali. Ya, di luar sana sangat sunyi.

8. KECEPATAN CAHAYA TIDAK BISA DI LAMPAUI

kecepatan udara pesawat luar angkasa

Apakah ente penggemar film Star Wars atau Star Trek? Jika iya, ente tentu akrab dengan pesawat luar angkasa yang menggunakan kecepatan tinggi untuk berpindah dari satu planet ke planet lain. Meskipun terlihat sangat mustahil, ternyata gambaran pesawat luar angkasa itu benar. Karena di luar angkasa gaya gravitasi sangat rendah, sebuah pesawat sejatinya sanggup melaju dengan kecepatan melebihi cahaya, bahkan tidka terbatas. Namun hal tersebut belum bisa dilakukan akibat keterbatasan teknologi mesin dan bahan bakar roket dari pesawat luar angkasa itu sendiri.

9. ASTRONOT HIDUP TANPA GRAVITASI

astronot

Saat ini astronot NASA tengah melakukan penelitian di stasiun luar angkasa 'ISS'. Nah, tanpa disadari banyak orang mengira bila astronot tersebut hidup tanpa gaya gravitasi karena sudah tidak berada di bumi. Anggapan tersebut adalah salah. Astronot masih bisa merasakan gaya gravitasi yang dihasilkan oleh bumi dan bulan, meskipun sangat rendah Akibat gaya gravitasi yang sedikit itulah manusia bisa beradaptasi hidup di luar angkasa tanpa membutuhkan waktu lama..

10. SABUK ASTEROID MUSTAHIL DI LEWATI

sabuk asteroid planet

Masih dari film sci-fi petualangan angkasa terkenal, Star Wars, digambarkan bila daerah tempat tinggal asteroid atau sabuk asteroid di penuhi oleh batu sebesar kepalan tangan hingga gedung bertingkat. Sehingga sangat sulit dilalui pesawat luar angkasa.

Sekali lagi, hal tersebut hanyalah fantasi. Sabuk asteroid yang berada di antara planet Mars dan Jupiter misalnya, ternyata tidak sepadat yang dikira selama ini. bahkan Jarak antar satu asteroid dengan asteroid lain nyatanya bisa mencapai ribuan kilometer. [POP/AKM]


Artikel Terkait

Viewer : 272 User: