Diwali atau Deepavali

5 Fakta Tentang Diwali, Festival Bangsa India Di Dunia


tanggal post : 12 November 2015
5 Fakta Tentang Diwali, Festival Bangsa India Di Dunia

Diwali atau Deepavali merupakan salah satu hari raya terbesar umat Hindu di India yang dirayakan pada bulan Aswayuja menurut kelender Caka Hindu atau sekitar bulan Oktober-November pada kalender Gregorian.

Perayaan ini digelar selama 5 hari berturut-turut dengan menyalakan berbagai cahaya sehingga dikenal sebagai Festival Cahaya. Diwali sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya “barisan cahaya”.

perayaan diwali
Gambar : Perayaan diwali atau deepavali

Ini Fakta yang menurut Mr.BoB kamu wajib tahu adalah tentang Diwali:

1. Diwali atau Deepavali berarti barisan cahaya 

Perayaan ini dikenal sebagai Festival Cahaya karena penggunaan lampu minyak dan lampu listrik yang digunakan sebagai hiasan rumah, kantor-kantor, dan tempat publik. Sebagai perayaan atas kemenangan kebaikan atas kejahatan dan cahaya atas kegelapan, cahaya sangat penting sebagai simbol fisik dan spiritual untuk acara ini.

2. Mandir merupakan ama tempat ibadah Hindu

Jika umat Kristen memiliki gereja, Yahudi dengan sinagog, Muslim dengan masjid-nya, Hindu memiliki mandir. Pada hari Diwali, para warga India yang tinggal di luar negeri berkumpul di mandir-mandir untuk merayakan bersama-sama dengan komunitasnya. Selain itu, umatnya juga memberikan sesajen makanan di altar-altar dengan dewa-dewa yang berbeda dan juga makan berkumpul untuk makan bersama. Beberapa mandir bahkan memasang kembang api untuk merayakannya.

3. Penganut keyakinan lain boleh merayakan Diwali

mini trail 50ccUntuk para warga India, Diwali adalah penghormatan kepada Lakshmi, dewi kekayaan Hindu. Mereka membuat terang rumah-rumah mereka dan membuka pintu dan jendela mereka untuk menyambut Dewi Lakshmi. Tidak hanya Hindu, penganut Jainisme, Buddha, dan Sikh pun turut merayakan Diwali di negara-negara lain seperti Nepal, Bangladesh, Malaysia, dan Singapura. Legenda-legenda dan tradisi yang menyertai selebrasi Diwali sangat beragam di agama dan kawasan lain.

4. Perlu waktu untuk mempersiapkannya

Masing-masing Keluarga mempersiapkan beberapa hari untuk membersihkan dan mendekor rumah-rumah mereka sebagai persiapan menyambut Diwali. Mereka juga membeli baju dan pakaian baru untuk mereka kenakan di hari perayaan. Tidak mengejutkan juga, mereka selalu mencari cara dari seni, kerajinan tangan sampai ke trik-trik perias wajah untuk membuat mereka lebih gemerlap, berkilau, dan bersinar.

(Sumber : CNN Indonesia)

5. Diwali adalah perayaan besar di Inggris

Tahun ini, sekitar 30.000 orang menghadiri acara benderang untuk menyalakan lebih dari 6.000 lampu di Leicester sebagai penanda dimulainya Diwali. Warga India merupakan minoritas terbesar ke-dua di Inggris menurut IBT. [TRD/AKM]


Artikel Terkait

Viewer : 461 User: