Cara Menghadapi Kegagalan Kerja Menurut Maya Arvini


tanggal post : 05 November 2015
Cara Menghadapi Kegagalan Kerja Menurut Maya Arvini

Gagal itu hal yang akan sering terjadi dalam kehidupan, apapun bentuk kegagalan itu, karena itu kita harus bisa menghadapi kegagalan. 

“The only thing that makes life unfair is the delusion that it should be fair.” 
-- Steve Maraboli, Speaker & Author (Life, The Truth and Being Free). 

Life is not always fair, lantas bagaimana menghadapi situasi seperti ini? Berikut tipsnya :

1. Harus bisa mengidentifikasi masalah atau potensi masalah dari awal

identifikasi masalah

Terkadang kita terlalu fokus dengan tujuan yg ingin dicapai jadinya lupa kalau banyak faktor yg bisa mempengaruhi. Misalnya seperti rekan kerja yang terlalu berkualitas dan suka cari muka atasan. Nah,  kalau pingin dipromosi memang faktor kedekatan dengan jajaran direksi sangat penting karena mereka yg berperan untuk “menjual” kita untuk promosi. Memang carmuk bukan cara yg tepat yg tepat tentu saja “menjual” diri kita ke bos kita dan jajaran direksi melalui kualitas pekerjaan yg kita kerjakan. 

2. Pikirkan kembali ekspektasi kita

espektasi

Jika terjadi kegagalan, pikirkan kembali ekspetasi kita. jangan sampai espektasi kita terganggu sama orang lain. Jika kita ingin cepat naik tingkat dalam pekerjaan, juga harus diimbangi dengan mental yang kuat. Semakin tinggi tanggung jawab yang kita emban, banyak juga yang akan menjatuhkan kita.

3. Jangan komplen, fokus pada hal-hal yang bisa kita control dan mencari alternatif solusi

focus

Paling sering denger rekan kerja, anak buah bahkan bos sendiri suka komplen. Dulu ane ga ngerti kenapa ya orang suka komplen ? sekarang udah ga mau lagi temenan sama orang yg suka komplen. komplen hanya menyebarkan energy negatif. Orang yg suka komplen hanya akan bikin kita bete soalnya pegel banget dengerinnya.

Daripada komplain  mendingan kita fokus sama hal-hal yg bisa kita control. berteman dengan orang-orang yg positif. Selain itu fokuskan diri kita juga ke alternative solusi. Jadi ketika tidak dipromosi sesuai dengan harapan, yg harus dilakukan  terus semangat untuk bekerja lebih keras dan menjaga kualitas. bahwa kredibilitas sangat penting dan akan punya impact jangka panjang. Ketika kita bekerja keras, berkualitas dan hasilnya baik, orang-orang pasti akan tahu dan hal ini yg akan membangun kredibilitas kita tidak hanya di perusahaan tempat kita bekerja tetapi juga di luar perusahaan. Because people talk   

4. Minta bantuan orang lain yang kita percaya untuk menyelesaikan masalah

help me

Jika andaa mengalami masalah dan merasa gagal, jangan patah arang dulu. kamu bisa ngadep bos agan untuk minta bantuan. Bos yg bener pasti akan membantu anak buah yg kesulitan karena keberhasilan tim adalah keberhasilan bos memimpin tim. Kalau  beruntung kamu juga bisa curhat ke temen baik agan, sahabat, pasangan atau metor.Terlalu banyak komplen hanya akan menyebarkan energi negatif ke orang lain.

5. Menyadari bahwa kegagalan adalah tanggung jawab diri sendiri

tanggung jawab

Kalau kita menghadapi kegagalan itu udah pasti salah diri kita sendiri dan tanggung jawab kita. Memang kita ga boleh berlarut-larut bahkan sedih . Yg perlu kita lakukan pertama kali Tanya diri kita :”did I do my best?” atau “can I do better than this?”, ga ada yg perlu disesali. Ane selalu punya prinsip “do my best” kalau sudah do my best masih ga sesuai dengan harapan artinya belum rejeki. 

6. Terima dengan lapang dada apapun hasilnya

lapang dada

Seberapa keras kita berusaha dan berdoa, ujung-ujungnya tergantung rejeki. Kalau memang rejeki kita ga akan kemana-mana, kalau bukan rejeki ya memang harus diterima dengan lapang dada. disaat menerima kegagalan sakit hatinya bukan main, seiring dengan waktu biasanya kita akan mengetahui ada alasan yg lebih besar kenapa kita gagal mendapatkan hal yg kita mau.

Jangan lupa ketika mengalami kegagalan jangan lupa ambil hikmahnya dan jangan mengulangi kesalahan yg sama dikemudian hari. Faktor yg paling menentukan ketika menghadapi kegagalan bukan hanya bisa menghadapi kegagalan tersebut tetapi bisa bangkit dan terus berkarya. Karena itu harus banyak bersyukur karena walaupun terkadang kita merasa gagal masih banyak orang lain yg tidak seberuntung kita. 

Yakin aja deh Tuhan pasti akan memberikan yg terbaik untuk umatnya. Hidup seperti kelihatannya tidak adil tetapi Tuhan pasti maha adil kok. Mungkin rejeki bukan di tempat ini tetapi ditempat lain. Karena itu kita harus selalu berusaha memberikan yang terbaik.


“If you concentrate on what you don’t have, you will never, ever have enough.” ~Oprah Winfrey [TT/AKM]


Artikel Terkait

Viewer : 189 User: