Inilah 8 Kuis Terpopuler di Era 90`an


tanggal post : 24 October 2015
Inilah 8 Kuis Terpopuler di Era 90`an

Era tahun 1990 sampai tahun 2000 bisa dibilang adalah tahunnya perkuisan di Indonesia. Setiap stasiun televisi berlomba menyuguhkan berbagai kuis yang sangat menarik untuk penonton di rumah. Berikut  beberapa kuis yang begitu populer di tahun tersebut.

1. Kuis Keluarga Lifebuoy

kuis keluarga lifebuoy

Dulu kius ini ditayangin di RCTI pas siang-siang. Pembawa acaranya seorang wanita bernama Cathy Bonn. Saking populernya kuis ini, dulu enggak gaul kalau sabun mandinya enggak pake Lifebouy. Salah satu babak yang paling diinget dari kuis ini adalah adanya tebak gambar.

2. Tak Tik Boom

tak tik boom kuis

Dalam kuis ini kita diwajibkan menjawab berbagai pertanyaan yang ada di panel kategori dan harus membentuk jalur tertentu seperti kesamping atau menyilang. Jadi kita harus mengatur strategi supaya jalur kita tidak dijegal oleh lawan atau sebaliknya kita harus menjegal jalur lawan. Kategorinya lumayan banyak, ada tentang sejarah, politik, ekonomi sampai kategori umum. Kuis yang dulu dipandu oleh Dede Yusuf ini menawarkan hadiah yang cukup besar untuk saat itu. Kuis ini ditayangkan oleh RCTI setiap Jum’at malam selama delapan tahun dari 1990. Kuis yang terdiri dari tiga babak permainan, yaitu Tak Tik Game, Tak Tik Bonus, dan Tak Tik Super Bonus ini juga pernah dibawakan oleh Charles Bonar Sirait

3. Berpacu Dalam Melodi

kuis berpacu dalam melody

Ini adalah salah satu kuis yang sangat menghibur, karena kita akan disuguhkan berbagai melodi lagu yang harus kita tebak judulnya. Kuis ini dipandu oleh Koes Hendratmo. Yang khas dari kuis ini selain om Hendratmonya, sehabis kita menebak judul lagu biasanya kita akan menyanyikan lagu tersebut bersamaan. Dulu, kuis ini ditayangkan di stasiun TV TVRI.

4. Siapa Dia

kuis siapa dia

Peserta kuis ini biasanya ada empat orang yang harus menebak apa profesi dari seorang tamu misterius. Para peserta diperbolehkan menanyakan sesuatu pada tamu misterius ini, tapi sang tamu hanya boleh menjawab dengan Ya atau Tidak. Kuis ini dulu dibawakan oleh kang Aom Kusman dengan jargon “Bolehkan aku melihat sari wajahmu...... O O siapa dia?”.

5. Kuis APA INI APA ITU

kuis apa ini apa itu

Kusi yang dipandu Jeffrey Waworuntu dan ditayangkan di RCTI ini mengharuskan setiap peserta menebak setiap gambar untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Kuis ini terdiri dari tiga babak dengan materi pertanyaan kuis berupa, tebak gambar, seputar film, program, suara misteri dan seputar lagu yang siap menghibur pemirsa dirumah. Pemenangnya adalah peserta dengan nilai poin tertinggi dan berhak mendapatkan hadiah utama serta berkesempatan untuk maju ke babak jackpot untuk melipatgandakan hadiah utama yang didapatnya. Kuis ini tayang di RCTI dari tahun 1995-2000.

6. Jari Jari

kuis jari-jari

Kuis yang dipandu oleh Pepeng ini bisa dikatatakan sebagai pelopor kuis langsung via telepon. Meskipun hanya 3 menit setiap tayangnya, tapi kuis ini begitu dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu kuis ini punya sebuah jargon ciri khas yang sampai sekarang masih menggema dalam memori anak generasi 90-an. Jargon tersebut akan disebutkan oleh si penelepon saat Pepeng menanyakan passwordnya. Jargon itu adalah “ Jari Jariiiii”.

7. Kuis FAMILI 100

kuis family 100

Ini adalah salah satu kuis paling fenomenal di Indonesia. Kuis yang melambungkan nama Sonny Tulung ini setiap permainannya diikuti oleh dua keluarga yang harus menebak hasil survei 100 orang dalam sebuah kategori. Family 100 mulai tayang tahun 1996 dan berakhir di tahun 2004. Jargon dari kuis ini adalah "Survey Membuktikan".

8. Kuis WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE

kuis who want to be a millionare

Kuis yang sangat berjaya di tahun 2001-2006 ini dipandu oleh seorang Tantowi Yahya dan ditayangkan oleh RCTI. Kuis ini dimulai dari sebuah pertanyaan yang dilontarkan kepada semua peserta. Bagi peserta yang menjawab dengan benar dan paling cepat, ia berhak maju ke babak utama dan duduk di kursi panas.

Di babak ini peserta akan dihadapkan pada 15 pertanyaan pilihan ganda yang setiap pertanyaan memiliki nilai hadiah yang berbeda. Dalam menjawab pertanyaanya, peserta diberi tiga bantuan, yakni Ask The Audience, 50:50, Phone A Friend.

Redaktur : Akhmad Khasan

 


Artikel Terkait

Viewer : 1136 User: