Cara Membuat Online Store di Facebook Gratis


tanggal post : 09 September 2015
Cara Membuat Online Store di Facebook Gratis

Facebook merupakan situs microblogging yang memiliki banyak sekali member di dalamnya. Member bisa saling berbagi informasi atau berkomunikasi di situs. Jika dilihat dari sisi market, facebook memiliki potensi besar untuk membantu meningkatkan bisnis kita. Karena member yang terdaftar hampir semua usia, kalangan dan dari berbagai belahan dunia saling berbagi di situs ini.

Alasan lain kenapa banyak orang yang memilih Facebook sebagai sarana berpromosi adalah karena lengkapnya fitur yang disediakan oleh pihak Facebook, salah satu contohnya adalah tersedianya layanan pembuatan Fanpage dan fitur lain seperti Foto Album juga menjadi alasan tersendiri bagi sebagian orang memilih berpromosi di Facebook.

Tahukah Anda bahwa baru-baru ini Facebook meluncurkan fitur terbaru yaitu Fanpage Facebook Store, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna Facebook untuk membuat Online Store mereka sendiri secara gratis menggunakan bantuan pihak ketiga sebagai penyedia Facebook Apps Store.

Sebelum membuat Facebook Store, hal-hal yang harus kita persiapkan diantaranya adalah :

  1. Akun Facebook
  2. Facebook Fanpage
  3. Facebook App Store

Disini tidak akan  dijelaskan bagaimana cara membuat facebook atau cara memuat fanpage. Apa itu Facebook App Store ? seperti yang saya jelaskan diatas, Facebook App Store adalah aplikasi dari pihak ketiga yang akan membantu kita dalam membuat Online Shop di Facebook.

Ada banyak penyedia Facebook App Store, baik buatan lokal maupun internasional, seperti contohnya :

  1. Shopify.com
  2. Lakubgt.com
  3. Sotreya.com

Cara Membuat Online Store di Facebook Gratis dengan Shopify

Kenapa harus Shopify ? alasan pertama karena Shopify gratis dan alasan kedua adalah karena Shopify bukan hanya menyediakan Facebook Online Store namun juga Web Online Store, jadi disini kita akan dapat dua Toko Online sekaligus. Langsung saja, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuatnya.

Buka situs resmi Shopify disini https://apps.shopify.com/facebook-store

facebook store 1

Jika halaman sudah terbuka, silahkan Anda klik tombol 'Free Trial' untuk mendaftar dan membuat akun baru di Shopify.

Masukkan email Anda :

faccebook store 2

Silahkan, masukkan email Anda pada kotak yang sudah disediakan lalu klik 'Get Started', tunggu sebentar sampai muncul pop-up.

Isi kembali email, password dan nama toko :

facebook store 3

Saat mengisi email, pastikan email tersebut aktif, karena beberapa penwaran dari Shopify akan dikirim via email tersebut.

Pilih jenis online store yang ingin dibuat :

facebook store 4

Ada dua pilihan yang diesdiakan Shopify, yang pertama adalah Online Store dan yang kedua adalah Retail Store. Pilih salah satu, lalu klik Next.

Masukkan data diri lengkap Anda :

facebook store 5

Masukkan nama, alamt dan nomor handphone Anda. Jika semua sudah terisi klik Next untuk melanjutkan pembuatan online store.

Pilih jenis produk yang akan Anda jual :

facebook store 6

Terdapat 5 pilihan jenis produk, pada contoh ini saya akan menjual produk Digital. Selanjutnya klik 'Enter my Store'.

Selamat, dari sini Anda sudah berhasi membuat Situs Web Online Store, klik 'View your Website' untuk melihat toko online yang baru saja Anda buat, sekarang kita lanjut membuat Facebook Online Store,

Di bagian menu klik 'Apps' :

facebook store 7

Tidak hanya Apps Facebook Store, Anda juga bisa buat Blog dengan cara klik 'Blog'.

Klik tombol 'Visit the App Store' :

facebook store 8

Lanjutkan dengan cara meng-klik tombol 'visit the app store' dan selanjutnya, kita akan diminta menghubungkan akun Facebook dengan Shopify.

Klik 'Install Facebook Store' :

facebook store 9

Selanjutnya, kita wajib memasang Apps Facebook Store dari Shopify dengan cara meng-klik tombol 'Install Facebook Store'.

Sambungkan Akun Anda dengan Shopify :

facebook store 10

Tidak perlu khawatir, Shopify tidak akan mengirim sesuatu yang aneh-aneh menggunakan akun Facebook Anda.

Tambahkan Facebook Store :

facebook store 11

Klik 'Add a Facebook Store' lalu pilih fanpage facebook mana yang ingin Anda install / pasang Apps Facebook Store.

Setting Facebook Store Anda :

facebook store 12

Tahap terakhir adalah mensetting atau melakukan pengaturan pada Facebook Store, disini Anda bisa mengatur gambar Cover, Layout dan juga bisa Anda tambahkan kode Google Analytic untuk melihat berapa pengunjung Facebook Store.

Untuk melihat Facebook Store yang baru Anda buat, caranya adalah dengan meng-klik tombol 'View on Facebook', maka Anda akan langsung dibawah ke Fanpage Facebook Store. Berikut, contoh Facebook Online Store yang baru saja saya buat menggunakan Shopify.

facebook store 13

Facebook store ini dapat membantu branding produk atau usaha anda. Facebook memiliki banyak member sehingga kemungkinan usaha anda dikenal semakin cepat.dan kemungkinan transaksi pun semakin tinggi.  Semoga informasi ini bermanfaat.
 

Related Search : app facebook, toko online facebook, aplikasi online store, app store gratis, cara membuat toko online


Artikel Terkait

Viewer : 183 User: