Formula Free To Play Sonic Runner yang Menyebalkan


tanggal post : 30 July 2015
Formula Free To Play Sonic Runner yang Menyebalkan

24 Juni 2015 kemarin, gamers dunia kedatangan game baru berjudul Sonic Runners dari Sega yang kembali mengangkat ikon game-nya yang sangat populer, Sonic. Sayang, lagi dan lagi Sega kembali mengacaukan frachise-nya sendiri. Kenapa? Akan Crew Danmogot bahas satu per satu kenapa hal tersebut bisa terjadi di artikel review kali ini.

Gamers pasti sudah bisa menebak sendiri Sonic Runners itu game apa. Ya, ini adalah game runner yang berbasis level. Game ini menyajikan berbagai macam lokasi yang sekilas berasal dari beberapa game Sonic terdahulu. Tidak lupa ada sedikit bumbu cerita di game ini yang menambah keseruan permainan. Gamers di game ini hanya perlu berlari dari kiri ke kanan melewati stage dengan tap di layar untuk melompat. Melompat ini juga bisa digunakan sebagai serangan ke musuh yang menghadang di depan.

Setiap stage menyajikan beberapa level yang nantinya akan diakhiri dengan pertempuran melawan boss. Koleksi ring dan gunakan power-up untuk menambah jumlah skor yang kalian miliki. Untuk awal, Gamers hanya bisa mengendalikan karakter Sonic. Tapi, seiring panjangnya progres permainan yang sudah Gamers lalui akan membuka beberapa karakter baru, seperti Tails atau Knuckles, lengkap dengan tambahan opsi meningkatkan kemampuan si karakter. Ada juga karakter buddies yang akan membantu Gamers di sepanjang perjalanan. Biasanya buddies ini memiliki fungsi dan kemampuannya masing-masing.

Ya, sepintas terdengar seperti game runner yang lumayan seru. Tapi semua itu sirna karena sistem formula permainannya itu sendiri. Dasarnya, game ini memerlukan sambungan koneksi internet yang tidak sembarangan. Maksudnya, harus memiliki koneksi internet yang kuat. Belum lagi proses loading-nya, entah itu pas login di awal permainan atau ketika berganti segmen, yang lumayan memakan waktu yang cukup lama.

Seperti halnya game free-to-play yang lain, Sonic Runners juga punya sistem energi dimana jumlahnya hanya tiga dan pengisian ulang satu energinya perlu waktu hingga 30 menit. Iklan di game ini ada yang mengganggu ada juga yang sangat membantu. Mengganggu karena muncul setiap saat ketika berganti segmen (belum termasuk proses loading), membantu karena bisa menghidupkan karakter, dengan menonton video iklan, meski hanya sekali.

IAP-nya? Tidak banyak membantu. Hanya menyajikan pembelian energi, ring kuning dan ring merah. Ring merah di sini, bisa dibeli dengan mata uang asli atau mendapatkannya di dalam game, sebagai mata uang premium yang bisa digunakan untuk melanjutkan permainan selain dengan menonton iklan atau memutar roulette yang bisa membuat Gamers mendapatkan buddies baru. Oh ya roulette ada juga yang gratis, itu pun hanya per hari gratisnya dan isinya juga hanya item power-up.

Gameplay Sonic Runners sebenarnya menyenangkan, tapi efek samping dari formula free-to-play ini terlewat menyebalkan. Loading yang lama hanya akan membuat pemain meninggalkan game mobile ini, dan bahkan tidak mungkin langsung menghapusnya dari smartphone atau tablet masing-masing. Kedepannya, tolong jangan kecewakan kami dengan game mobile seperti ini lagi Sega.

Redaktur oleh Rianggalih


Artikel Terkait

Viewer : 166 User: