balon udara google mengirim internet ke seluruh dunia


tanggal post : 19 September 2015
balon udara google mengirim internet ke seluruh dunia

dilelang.id google , mendengar kata google semua orang tahu dan pasti menggunakan google bisa sebagai pencarian data informasi ,software , google play store untuk aplikasi android dengan format apk, google translate sebagai penerjemah bahasa dan banyak lagi . google berupaya dan terus berupaya untuk menyediakan akses internet ke seluruh penduduk dunia ,Google melakukan ujicoba menggunakan balon udara yang diberi nama Project Loon di bagian selatan selandia baru dan rencananya  menerbangkan 30 balon udara.

Google memprediksi bisa membuat 1 milyar penduduk di dunia terhubung ke internet. tujuan google sama dengan facebook berupaya untuk menyediakan akses internet ke seluruh penduduk dunia .facebook juga membuat drone pengirim sinyal internet ke seluruh dunia yang diberi nama Aquila yang bisa mengirimkan data 10GB per detik. balon udara google mengirim internet ke seluruh duniaMelalui 'Project Loon', Google berharap bisa menyediakan akses internet yang memadai hingga ke daerah terpencil di dunia. Project Loon  menggunakan tenaga surya ,balon akan terbang di ketinggian 20 kilometer atau hingga menembus lapisan stratosfer Bumi dua kali lebih tinggi dari kemampuan pesawat terbang. balon udara google mengirim internet ke seluruh duniaGoogle menggunakan sistem perhitungan algoritma untuk menentukan arah terbang balon. Sistem perhitungan ini telah lebih dahulu digunakan perusahaan asal Mountain View untuk mesin pencarinya. Saat terbang mengikuti arah angin balon akan membentuk jaringan udara berupa hot spot yang bisa memberikan akses internet yang lebih cepat dibandingkan teknologi 3G .Setiap balon berukuran diameter 15 meter yang dilengkapi sebuah antena radio dan sistem komputer untuk mengendalikan ketinggian.

sejak tahun 2008 Perusahaan asal Mountain View sudah mengembangkan proyek Loon dan dikembangkan lebih lanjut oleh google Sehingga masyarakat yang berada di wilayah Australia, Chili, Uruguay, Paraguay, dan Argentina bisa ikut mencicipi kecepatan internet balon udara .nah untuk di asia kapan ya terutama di indonesia yang masih lelet dengan jaringan internetnya .

google Melalui Project Loon  juga memfokuskan  pada penyediaan internet untuk daerah-daerah yang belum mendapatkan akses internet dan daerah yang sedang ditimpa bencana Sehingga koneksi internet bisa membantu komunikasi dan logistik pada daerah yang koneksi internetnya terputus.

ini sangat membantu apalagi jika dalam keadaan bencana seperti banjir atau sunami pastinya untuk akses ke tempat lokasi bencana sangat sulit dilalui , dengan menggunakan akses internet yang baik semua bisa terhubung berkomunikasi lewat internet . bisa juga memantau aktivitas daerah bencana melalui satelit atau drone yang terkoneksi langsung ke internet dengan data yang jelas dan akurat . jika kita bandingkan drone facebook Aquila penggunaannya lebih efisien  dan google Project Loon tidak efisien untuk penggunaannya , pastinya ada pengembangan lebih lanjut semakin sempurna .

BACA JUGA : tips-dan-trik-aman-menerbangkan-drone rc-drone-tips-mainan jenis-fungsi-dan-spesifikasi-rc-drone manfaat-drone-bagi-kehidupan balon-udara-google-mengirim-internet-ke-seluruh-dunia

Artikel Terkait

Viewer : 80 User: