speaker unik lucu


tanggal post : 10 September 2015
speaker unik lucu

DILELANG.ID Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. transduser juga didefinisikan sebagai suatu peralatan yang mengubah suatu bentuk sinyal menjadi bentuk sinyal lainnya.

Speaker merupakan salah satu peralatan output yang memiliki bentuk seperti kotak ataupun bulat dengan kemasan unik yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan yang berupa suara.Pastinya anda semua menggunakan speaker untuk mendengarkan musik , menonton video dll .

loudspeaker elektrik pertama kali di patenkan oelh Alexander Graham Bell ditahun 1876 yang terpasang pada telepon miliknya . selanjutnya Pada tahun 1898, Horace Short mengumumkan sebuah design speaker yang menggunakan kompresor udara yang kemudian menjualnya pada Charles Parsons. Kemudian mendapatkan beberapa tambahan hak paten di Inggris sebelum 1910. Pada tahun 1924 Dr. Walter H. Schottky menemukan pita loudspeaker pertama. Untuk pertama kalinya speaker menggunakan electromagnet sehingga suara yang dihasilkan sangat keras.

Fungsi speaker ini adalah mengubah gelombang listrik menjadi getaran suara. Proses pengubahan gelombang listrik / elektromagnet menjadi gelombang suara terjadi karena adanya aliran listrik arus AC audio dari penguat audio kedalam kumparan yang menghasilkan gaya magnet sehingga akan menggerakkan membran, Kuat lemahnya arus listrik yang diterima, akan mempengaruhi getaran pada membran, bergetarnya membran ini menghasilkan gelombang bunyi yang dapat kita dengar.

Bagian Speaker beserta fungsinya yang utama adalah :

speaker-unik-lucu          

Conus (sekat rongga). Fungsinya menghasilkan gelombang tekanan akibat gerakan udara di sekitarnya yang disebabkan oleh gerakan kumparan. Gelombang inilah yang kita dengar sebagai bunyi.

Membran. Fungsinya menerima induksi dari magnet sehingga menghasilkan suara sebagai akibat dari getarannya.

Magnet. Fungsinya untuk menginduksi membran dan menghasilkan medan magnet.

Kumparan. Fungsinya untuk mengalirkan energi gerak kepada conus. Perubahan medan magnet di dalam speaker akan menyebabkan kumparan bergerak sebagai akibat interaksi dengan medan konstan magnet.

jenis speaker

Full range Merupakan jenis speaker yang mampu menghasilkan nada rendah, menengah maupun tinggi. Oleh sebab itu jenis ini sering digunakan untuk speaker sound system atau luar ruangan. Karena suara yang dihasilkan dapat terdengar dikejauhan. Untuk ukurannya juga bervariasi seperti 10 inch, 12 inc, 15 inc, bahkan 18 inc.

Tweeter yaitu jenis speaker yang menghasilkan frekwensi sekitar 5000Hz-20.000Hz. Sehingga suara yang dihasilkan akan sedikit melengking. Hampir semua speaker aktif juga dipasang jenis ini agar bunyi seperti melodi gitar, angklung bahkan kaca pecah bisa terdengar dengan jelas. Selain itu speaker jenis ini tanpa menggunakan box juga sudah bisa berfungsi dengan baik.

Horn : jenis speaker yang diproduksi khusus untuk mereproduksi sinyal audio pada range gelombang frekuensi vokal manusia.

Sub Woofer Merupakan jenis speaker yang mampu menghasilkan frekwensi suara 20Hz - 200Hz, Sehingga kita dapat mendengarkan nada rendah atau full bass. Biasanya sub woofer dipasang pada speaker aktif komputer, speaker mobil, speaker aktif ruangan dan sebagainya. Untuk pemasangannya tentu membutuhkan box terpisah dengan speaker lainnya. Karena getaran yang dihasilkan cukup tinggi, makanya dibuatkan box tersendiri.

Woofer Merupakan jenis Speaker yang dapat menghasailkan frekwensi rendah yaitu sekitar 40Hz - 1000Hz. Maka suara yang dihasilkan juga akan ngebass. Jenis ini banyak sekali kita temukan di hampir semua jenis speaker aktif ruangan. Jenis ini banyak sekali dijual ditoko-toko elektronik. Disamping itu speaker ini memiliki ukuran yang bermacam-macam, misalnya 4 Inch, 6 Inc, 8 Inc, 10 Inc, 12 Inc dan sebagainya. Untuk hasil suara yang bagus tentu harus dipasang pada box dan biasanya digabung dengan midrange dan tweeter.

Midrange Jenis speaker ini mampu menghasilkan frekwensi menengah sekitar 500Hz - 5000Hz. Oleh sebab itu suara yang dihasilkan terdengar jelas seperti suara kita. Biasanya jenis ini banyak kita temukan pada speaker aktif 3 way audio mobil.

seiring perkembangan teknologi  speaker semakin unik aneh dan bisa juga sebagai pajangan yang indah dipandang mata.

speaker-unik-lucu

speaker-unik-lucu

speaker-unik-lucu


Artikel Terkait

Viewer : 188 User: