Cara menghindari komplikasi diabetes


tanggal post : 10 September 2015
Cara menghindari komplikasi diabetes

dilelang.id

Hati-hati memilih Karbohidrat Diabetes bukan berarti tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali . Pilihlah karbohidrat yang diserap di dalam tubuh secara perlahan, memberikan asupan energi yang stabil. Pilih gandum, roti,kacang-kacangan, dan sayuran segar dan buah-buahan. Ya, Anda dapat makan buah meskipun buah itu manis. Yang terpenting adalah makan dengan jumlah karbohidrat yang tepat setiap kali makan. Anda bisa konsultasi dengan Seorang ahli diet atau dokter gizi dapat membantu Anda mempelajari seberapa banyak karbohidrat yang tepat untuk Anda.

Turunkan Berat Badan Jika Diperlukan Tidur yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk makan makanan tinggi karbohidrat. Hal tersebut dapat menyebabkan penambahan berat badan, meningkatkan risiko komplikasi seperti penyakit jantung. Jadi tidurlah yang cukup selama tujuh atau delapan jam tidur setiap malam. bakarlah kalori lebih banyak daripada kalori yang Anda konsumsi. Hindari goreng-gorengan juga menjadi salah satu tips praktis untuk mengurangi asupan lemak tubuh Anda.

Menjadi Aktif dalam berolahraga Pilihlah satu aktivitas olahraga yang Anda sukai, misal berjalan, menari, bersepeda, atau hanya jalan di tempat ketika Anda sedang telepon dan lakukan selama 30menit  setiap hari serta dapat ditingkatkan jika diperlukan sesuai kemampaun anda. Olahraga dapat membantu Anda menurunkan risiko kardiovaskular, kolesterol, dan tingkat tekanan darah, serta menjaga berat badan tetap terjaga. Olahraga juga mengurangi stres dan dapat membantu Anda mengurangi konsumsi obat diabetes.

Memantau kadar Gula Darah rutin Memeriksa gula darah secara berkala dan dengan memeriksa kadar glukosa darah dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Dengan memeriksa gula darah, Anda dapat melihat bagaimana makanan dan kegiatan mempengaruhi kadar gula darah, dan apakah rencana pengobatan Anda bekerja. Dokter Anda dapat membantu menetapkan kisaran target kadar glukosa darah. Semakin dekat Anda dengan sasaran target Anda, maka Anda akan semakin merasa membaik.

kelola Stres anda Bila Anda memiliki diabetes, maka stres dapat menyebabkan kadar glukosa darah meningkat. Karena itu singkirkan sebisa mungkin stress Anda. Pelajari teknik mengatur stress yang baik,Teknik relaksasi seperti latihan pernapasan, yoga, dan meditasi mungkin sangat efektif bagi  diabetes tipe 2.

Jangan mengkonsumsi Garam Kurangi jumlah garam dalam pola makan Anda. pastinya  membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi ginjal. Tidak menggarami makanan Anda tidak lah cukup. Sebagian besar garam berasal dari makanan olahan. Hindari makanan yang sudah diolah. Ketika Anda memasak, bumbui makanan dengan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam.

Pantau selalu kesehatan jantung Anda Penyakit jantung dapat menjadi komplikasi diabetes yang serius. Pantau risiko Anda dengan melakukan pemeriksaan seperti Kontrol gula darah , Kontrol Kolesterol. Target tekanan darah Anda adalah harus di bawah 130/80 mmHg, nilai kolesterol LDL di bawah 100 mg/dL, HDL > 40 mg/dL, dan nilai trigliserida < 150 mg/dL.

Perawatan Benjolan dan Memar pada tubuh anda Diabetes meningkatkan risiko infeksi dan memperlambat penyembuhan, jadi obati walaupun hanya luka dan goresan kecil dengan cepat. Bersihkan luka Anda dengan benar dan gunakan krim antibiotik dan perban yang steril. Segera kunjungi dokter jika tidak membaik dalam beberapa hari. Periksa kaki Anda setiap hari untuk lecet, luka, irisan, kemerahan, atau bengkak. Lembabkan kaki Anda untuk mencegah pecah-pecah.

Hentikan Kebiasaan Merokok Anda Penderita diabetes yang merokok memiliki peluang  3 kali  lebih mungkin untuk meninggal  dibandingkan mereka yang tidak merokok. Berhenti merokok membantu jantung dan paru-paru. Konsultasikan dengan dokter tentang cara-cara yang efektif untuk berhenti dari kebiasaan merokok ini.

Pilih Makanan gizi antioksidan  tinggi dengan jumlah secukupnya nikmati makanan Makanan gizi tinggi  yang mengandung antioksidan tinggi  seperti buah berry, ubi jalar, ikan dengan asam lemak omega-3, dan sayuran berdaun dan sayuran hijau tua. hindari lemak jenuh dan trans lemak. pilih lemak mono dan lemak tak jenuh ganda seperti minyak zaitun.

Atur Jadwal Kunjungan ke Dokter Sebaiknya Anda mengunjungi dokter sebanyak dua sampai empat kali setahun. ika Anda menggunakan insulin untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, mungkin Anda perlu konsultasi lebih sering lagi. jadwalkan pula medical check up secara berkala untuk memeriksa kesehatan mata, ginjal, jantung maupun organ tubuh yang lain untuk menghilangkan kemungkinan komplikasi diabetes


Artikel Terkait

Viewer : 72 User: