1001 gempa bumi terdahsyat di dunia


tanggal post : 26 September 2015
1001 gempa bumi terdahsyat di dunia

dilelang.id kamis 24 september 2015 turut prihatin atas terjadinya gempa di kota sorong dan sekitarnya  yang terjadi pada malam hari di saat orang-orang sedang istirahat pukul 22.53 WIB yang menyebabkan 17 luka berat 45 luka ringan dan sekitar 200 rumah rusak .Gempa 6,8 Skala Richter yang terjadi di Kota Sorong, Papua Barat, atau 68 km timur laut Raja Ampat, Papua Barat. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km dan episentrum berada di 31 km timur laut .

Gempa terdasyat yang pernah terjadi di muka bumi, tidak lagi di hitung dengan SR atau Skala Richter/hitungan untuk kekuatan gempa, melainkan dengan menggunakan hitungan MSR (Mega Skala Richter, 1 MSR = 10 ++ SR).gempa bumi terdahsyat di dunia  antara lain :

Chile, 1960 (9,5 skala richter) Sekitar 1.655 orang tewas akibat gempat terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah ini. Ribuan lainnya luka-luka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggi. Selatan Chile pun mengalami kerugian materil sebesar US$ 550 juta. Gempa yang terjadi akibat melesaknya lempeng Nazca ke bawah lempeng Amerika Selatan ini memicu tsunami yang menewaskan 61 orang di Hawaii, 138 orang di Jepang dan 32 orang di Filipina.

Prince William Sound, Alaska, 1964 (9,2 skala richter) kekuatan gempa bumi ini memicu tsunami setinggi hampir 20 meter dan merenggut 128 korban jiwa, serta menyebabkan kerugian sebesar US$ 311 juta. untuk kota lain juga terkena dampak nya dan kerusakan gempa juga terjadi di Anchorage, sekitar 120 kilometer barat laut dari pusat gempa.

Lepas pantai barat Sumatera Utara, Indonesia, 2004 (9,1 skala richter) Gempa  aceh ini  terjadi pada pagi hari disaat orang-orang masih tidur atau mulai beraktifitas Gempa  aceh ini memicu tsunami setinggi 13 meter yang meluluhlantakkan sebagian besar Provinsi Aceh dan beberapa daerah lainnya di Pulau Sumatera, Indonesia. Total korban mencapai 227 ribu orang 1,7 juta orang mengungsi.Sebanyak 14 negara di Asia Tenggara dan Afrika Timur juga terkena dampak gelombang tsunami  dan Pusat gempa ini terjadi akibat pelepasan tekanan dorongan antara lempeng daratan India dan Myanmar.

Pantai Timur Honshu, Jepang, 2011 (9,0 skala richter) gempa di jepang ini terjadi 11 Maret 2011 berkekuatan 9,0 skala richter memicu tsunami yang menewaskan 29 ribu orang dan merusak beberapa reaktor nuklir milik Jepang dan Sebanyk 50 kali gempa susulan berkekuatan 6,0 skala richter melanda Honshu.Pusat gempa ini terjadi akibat dorongan lempeng di dekat palung Jepang, tepat di batas antara lempeng tektonik pasifik dan Amerika Utar. Lempeng pasifik mendorong masuk ke bawah lempeng Amerika Utar.

Kamchatka Peninsula, Rusia, 1952, (9,0 skala richter) Gempa  terjadi  yang tercatat  9,0 skala richter , pusat gempa Terjadi di lepas pantai timur Kamchatka yang memicu tsunami setinggi 13 meter .untuk negara lain juga terkena dampak nya Crescent City, California, Amerika Serikat. tidak ada korban jiwa dan kerugiannya diperkirakan mencapai US$ 1 juta.

Lepas pantai Maule, Chili , 2010 (8,8 skala richter) gempa yang terjadi di Chili  berkekuatan 8,8 skala richter menewaskan 500 orang tewas dan 800 ribu orang mengungsi akibat gempa bumi dan tsunami ini. Total kerugian ekonomi diperkirakan mencapai US$ 30 miliar Pusat gempa terjadi di sepanjang batas antara lempeng Nazca dan Amerika Selatan.

Lepas pantai Ekuador , 1906 (8,8 skala richter) gempa yang terjadi di  Ekuador  dan Kolombia memicu tsunami yang menewaskan 1.500 orang berkekuatan 8,8 skala richter. negara lain juga terkena dampat dari gelombang sunami sampai pantai Amerika Tengah dan San Fransisco, serta Jepang. pusat gempa terjadi  sespanjang batas antara lempeng Nazca dan lempeng Amerika Selatan.

Rat Island, Alaska, 1965 (8,7 skala richter) gempa yang terjadi di Rat Island, Alaska berkekuatan 8,7 skala richter dan memicu tsunami setinggi 10 meter dan negara lain juga terkena dampak tsunami  seperti Hawaii dan Jepang.usat gempa terjadi  akibat lempeng pasifik mendorong ke bawah lempeng benua Amerika Utara di pertemuan besar lempeng Alaska-Aleutian.

Sumatera Utara, Indonesia, 2005 (8,6 skala richter) gempa pulau nias berkekuatan 8,6 skala richter menewaskan Lebih dari 1.000 orang dan ratusan lainnya terluka Pusat gempa terjadi di bawah permukaan Samudera Hindia, tempat lempeng Indo-Australia mendorong lempeng Eurasia di Selat Sunda

Assam, Tibet, 1950 (8.6 skala richter) gempa tibet menewaskan 1.500 orang tewas lantaran gempa yang terjadi di Tiber Timur dan Assam , gempa ini tidak berpotenss sunami .namun gempa ini sampai ke negara lain ke Sichuan dan Yunna, Cina. pusat gempa erjadi akibat tabrakan lempeng benua India yang masuk ke dalam lempeng benua Eurasia.

Karena pusat gempa ini ada di Tibet, gempa ini belakangan disebut gempa Assam-Tibet atau gempa Assam. Gempa terjadi akibat tabrakan lempeng benua India yang masuk ke dalam lempeng benua Eurasia.

BACA JUGA : transaksi-online-dengan-rekber sejarah-belanja keuntungan-shopping-online yuk-kita-mengikuti-lelang olahraga-motorcross-dapat-melatih-mental-anak fungsi-dan-cara-kerja-piston tips-dan-trik-mengatasi-motor-mogok-mendadak tips-dan-trik-aman-menerbangkan-drone rc-drone-tips-mainan jenis-fungsi-dan-spesifikasi-rc-drone manfaat-drone-bagi-kehidupan senjata-tercanggih-masa-depan cangkok-kepala-pertama-di-dunia kegunaan-musik-bagi-kesehatan-kita olahraga-yang-sangat-digemari-dunia yuk-kita-lihat-alat-untuk-diagnosa-penyakit dompet-jangan-letakkan-disaku-belakang-celana efek-mengkonsumsi-kopi inilah-bahaya-tidur-setelah-makan khasiat-bahan-dapur-sebagai-obat makanan-bagi-kesehatan-usus efek-gejala-dan-mengatasi-penyakit-parkinson ketahui-tanda-tanda-seseorang-bunuh-diri buah-buahan-ini-dapat-membentuk-otot tips-cara-sehatkan-jantung makanan-yang-berguna-bagi-kesehatan-mata anda-ambeien-dan-ketiak-bau-atasi-dengan-jeruk-nipis radiasi-smartphone-mempengaruhi-kesehatan 1000-bahaya-menggunakan-sandal-jepit alat-kesehatan-canggih-bisa-temukan-pembuluh-darah yuk-kita-lihat-alat-untuk-diagnosa-penyakit jenis-dan-fungsi-spuit-atau-alat-suntik 1000-tips-menjaga-paru-paru-sehat-selalu gigi-kuning-ingin-putih-atasi-dengan-kulit-jeruk

daftar-aplikasi-selfie-di-smartphone-anda kembangkan-kreatifitas-anda-membuat-foto-light-painting-dengan-smartphone balon-udara-google-mengirim-internet-ke-seluruh-dunia sejarah-kelahiran-robot-android 1001-trik-dan-tips-whatsapp-yang-pastinya-anda-belum-ketahui 1001-website-membuat-anda-lebih-cerdas drone-facebook-pengirim-sinyal-internet-ke-masyarakat


Artikel Terkait

Viewer : 95 User: