Kembangkan Kreativitas Anak dengan Bermain Peran


tanggal post : 02 July 2015
Kembangkan Kreativitas Anak dengan Bermain Peran

Anak-anak sangat suka bermain peran atau bermain pura-pura. Salah satu permainan peran yang paling disukai anak-anak adalah bermain dokter-dokteran. Segala isi kotak P3K mulai dari kapas, plester, obat merah, sampai termometer, digunakan anak untuk bermain dokter-dokteran. Bahkan terkadang, alat rumah tangga pun bisa digunakan anak untuk dijadikan seakan-akan alat kedokteran.

Hal ini dapat membantunya lebih mendalami karakter sebagai dokter. Selain itu, ternyata bermain dokter-dokteran memiliki dampak positif bagi anak karena saat anak sedang bermain dokter-dokteran membuat kepercayaan dirinya akan terus bertambah dan ia akan terdorong untuk mencapai profesi impiannya.Bermain dokter-dokteran dapat membantu anak lebih tenang dan nyaman saat harus ke dokter, sekalipun biasanya ia tidak takut saat harus ke dokter. Hal ini dapat membuatnya menyadari bahwa dokter adalah “teman” sehingga ia tak perlu takut saat diperiksa. Anakpun akan lebih kooperatif saat harus minum obat, atau disuntik, atau membersihkan luka.Melalui permainan peran dokter, anak secara tidak sadar sedang belajar tidak panik apabila sewaktu-waktu temannya ada yang terluka ataupun sakit. Bahkan, anak bisa membantu mengobati luka, mengompres, mengukur suhu tubuh, dan sebagainya.Skenario pura-pura membuat kita lebih mengerti tingkah laku anak pada sebuah situasi.Ketika membelikan anak Anda satu set peralatan kedokteran, beri tahu ia nama masing-masing alat dan kegunaannya. Saat bermain, ia akan menggunakan nama-nama alat tersebut.

Bermain dokter-dokteran mengajarkan anak agar lebih perhatian dan sensitif pada kebutuhan orang sakit. Selain itu, ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk memberitahu perilaku yang tepat saat berhubungan dengan orang sakit sehingga anak bisa terinspirasi untuk menolong orang lain. Jika anak sangat menyukai permainan dokter-dokteran, tak ada salahnya anda sebagai orang tua membelikannya seperangkat alat kedokteran mainan. Jika anda membeli Mainan Doctor 9001 akan mendapatkan 1 set tambahan Mainan Kitchen Set 2in1.Untuk pembelian Mainan Doctor 9001 dan Kitchen Set 2in1 Danmogot silahkan datang langsung ke toko kami. 

Hubungi kami 
PT Raksasa Indonesia 
Jl.Padang Golf Komp. CBD Polonia Blok DD No.48-51A 
PIN BB : 53D5 BD29 TELPON : 0823 12 633 633

Redaktur oleh Rianggalih


Artikel Terkait

Viewer : 181 User: