Ramadhan, Puasa, Kerja

Ramadhan Bukanlah Waktunya Bermalasan-Malasan dengan Pekerjaan


Ramadhan Bukanlah Waktunya Bermalasan-Malasan dengan Pekerjaan

Kehidupan di kantor pada hari-hari biasa tuh emang kadang (mungkin) agak sadis dan bikin emosi ya BOBers? Kerjaan dan tugas tanpa akhir, coworkers yang nyebelin, sampe atasan yang horrible. Itulah mengapa terkadang ada saja karyawan yang menganggap bulan Ramadhan sebagai tantangan besar yang mau nggak mau harus tetap dilaksanakan. Nggak jarang sebagian besar dari para karyawan menjadikan ‘puasa’ sebagai alasan utama atas tidak adanya tenaga untuk bekerja, (itu puasa atau Anemia?).

Anyway, bulan Ramadhan, bagi kebanyakan orang memanglah bulan yang spesial, tapi bukan berarti kamu-kamu yang harus bekerja sambil berpuasa harus mendapatkan perlakukan spesial juga di kantor, karena semua tugas dan kerjaan kamu itu merupakan tanggung jawab kamu ke atasan ataupun perusahaan, sementara puasa merupakan ibadah yang harus kamu pertanggung jawabkan kepada Tuhan.

Bagi kamu yang akan menjadikan bulan Ramadhan kali ini sebagai pengalaman pertama bekerja sambil berpuasa, kamu nggak perlu cemas deh memikirkannya, karena ada beberapa hal yang perlu kamu tau yang bisa bikin hari-hari ‘puasa sambil kerja’ kamu akan berjalan seperti hari-hari biasanya.

1. Atur pola istirahat yang baru
Bagaimanapun juga akan ada yang terasa berbeda saat menjalani hari di bulan suci. Mulai sekarang, coba ubah kebiasan-kebiasaan kamu menentukan waktu istirahat kamu. Di bulan Ramadhan, kamu perlu bangun lebih awal dari biasanya untuk melakukan sahur, jangan sampai waktu tidur 8 jam kamu berkurang dan membuatmu susah menahan kantuk di kantor. Jadi, selama bulan Ramadhan, kegiatan ‘bersenang-senang’ seperti hang out bareng teman-teman sepulang kerja, nonton program TV  favorit hingga tengah malam, ataupun chatting panjang di akun group teman satu geng kamu, sebaiknya dihentikan sementara selama bulan puasa.

2. Perhatikan santapan sahurmu
Jenis makanan yang kamu konsumsi saat sahur, berpengaruh terhadap daya kerja kita nantinya. Pilihlah makanan yang mampu menghasilkan energi tahan lama seperti sayuran, telur, ikan/daging dan buah segar. Dan yang terpenting jangan sampai kamu dehidrasi di siang hari karena kamu tidak mencukupi asupan air putih, so, sewaktu sahur perbanyaklah minum air putih.

3. Segera selesaikan tugasmu di kantor
Saat bulan puasa, nggak ada yang paling ditunggu-tunggu selain waktu berbuka, dan nggak bisa dipungkiri deh, saat kerja kamu bakal lebih sering memeriksa waktu. Sebenarnya nggak papa sih, dengan begitu kamu jadi makin termotivasi untuk segera menyelesaikan tugas dan pekerjaan kamu. Bagi kamu yang bekerja berdasarkan project, kamu bisa menyusun daftar kerja yang akan kamu kerjakan per harinya, dan memilih pekerjaan yang harus didahulukan untuk dikerjakan di pagi hari di saat keadaan kamu masih semangat dan penuh energi. Jika semua tugas dan kerjaan kamu beres tepat waktu, kamu bisa agak bersantai menunggu waktu pulang dan waktu berbuka tanpa harus tergesa-gesa.

4. Istirahatlah sebentar bila perlu
Kayaknya para karyawan kantor udah sering banget curi-curi waktu untuk ‘melarikan diri’ sejenak dari pekerjaan mereka. Tapi kali ini, istirahat atau break sejenak perlu dilakukan untuk mencegah rasa penat dan ngantuk. Jadi, istirahat yang dimaksud bukan curi-curi waktu untuk tidur, melainkan sekedar keluar dari ruangan atau cubicle kamu, mencari udara segar atau bercanda ringan dengan dengan coworkers kamu, just to bring back the good mood.

5. Olahraga ringan
Olahraga memang bikin capek, tapi jika hidup tanpa olahraga, tubuh jadi manja dan gampang banget lelah. Hanya karena lagi bulan puasa, bukan berarti kamu juga puasa berolahraga. Apalagi bagi kamu yang bekerja di kantor, yang menghabiskan hampir separuh harimu hanya dengan terduduk menatap layar PC, perlu banget melakukan olahraga ringan. Karena kesibukan, kamu nggak harus berolahraga setiap hari, cukup lakukan olahraga saat akhir pekan. Namun, bila kamu bisa menyanggupi dan menyisakan waktu khusus untuk berolahraga setiap harinya, kamu bisa berolahraga ringan sebelum berbuka puasa secara rutin dan teratur di rumah, dengan bantuan alat olahraga seperti treadmill atau alat lainnya.

Bekerja sambil puasa benar-benar tantangan sih, tapi bukan berarti ibadah puasa menjadikan beban pekerjaan menjadi semakin berat. Kamu juga perlu tahu kalau bekerja juga ibadah, maka, semangat bekerja berarti semangat beribadah. Kalo nggak semangat juga, artinya emang kamu kurang olahraga kali ya? Atau bisa jadi karena kamu rakus di saat sahur. Terlalu banyak makan saat sahur juga bisa bikin tubuh bermalas-malasan. So, jangan lupa tetap olahraga ringan ya, untuk menjaga bentuk dan ketahanan tubuh selama bulan puasa.

Danmogot.com menjual Alat olahraga  Abs Circle Pro dan Abs Circle Pro Mini yang bisa menemani dan membantu proses olahraga ringanmu. Tidak hanya menjual alat olahraga, Danmogot.com juga menjual peralatan rumah tangga, mainan anak, ATV Motor Mini dan produk lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CSO kami: 0823 12 633 633/ 0822 99 777 633
Atau bisa juga langsung datang ke kantor pusat danmogot.com di Jl. Alfalah Gedung Concept.id no 19, Suka subur, Simpang STM, Medan.

Dengan prosedur belanja yang mudah, cukup dengan mengunjungi website Danmogot.com. Pilih produk yang akan dibeli, pilih metode pambayaran, kirim bukti transfer, barang yang di order akan segera dikirim ke alamat tujuan. Danmogot.com, Belanja Online Bersama.

 


Artikel Terkait

Viewer : 68