Squirrelmail, Webmail Terbaik


tanggal post : 09 June 2015
Squirrelmail, Webmail Terbaik

Squirrelmail adalah salah satu aplikasi web yang sudah terpasang di CPanel untuk keperluan membaca email. Adalah aplikasi webmail yang mendukung protokol IMAP dan SMTP dan menampilkan halaman dalam format HTML tanpa membutuhkan javascript, sehingga bisa dengan mudah diakses menggunakan browser apapun dan sangat ringan.

Dengan tampilannya yang sederhana, SquirrelMail mempunyai semua fungsi-fungsi yang seharusnya ada di aplikasi pembaca email, meliputi penggunaan attachment, buku alamat, folder, kalender, dll.

Jadi jika Anda sedang butuh untuk membuka webmail dan koneksi internet tidak terlalu bagus, Anda bisa memilih Squirrelmail sebagai aplikasi pembaca email Anda.

Berikut cara membuka email dengan Squirrelmail :

Pertama Anda akses alamat webmail Anda di http://namadomain.tld/webmail/, misal jika nama domain Anda ada lppkesindonesia.org maka untuk mengakses webmail adalah http://lppkesindonesia.org/webmail/.

Saat mengakses webmail Anda akan diminta untuk memasukan username dan password, nah username Anda isi dengan alamat email yang telah Anda buat di cpanel, dan password Anda isi dengan password dari email tersebut.

 

Maka Anda akan masuk ke tampilan awal webmail yang meminta Anda memilih mail software yang akan Anda gunakan, sebagai contoh kita pilih squirrelmail karena penggunaannya lebih sederhana dan mudah.

Di halaman squirrelmail ini Anda bisa mengirim email dan membaca email yang Anda terima.

Untuk membaca email yang masuk, pilih "INBOX" yang ada di sidebar sebelah kiri, setelah diklik maka di halaman sebelah kanan akan muncul email-email yang masuk.
Jika Anda ingin mengirim email maka Anda klik "Compose" yang ada di bagian atas halaman.

Lalu untuk isian
To: Anda isi dengan alamat email tujuan
Subject: Anda isi dengan judul email
Selanjutnya Anda tuliskan email Anda dan untuk mengirimkannya Anda klik tombol "Send".

Catatan :
Untuk penggunaan email hosting ini salah satu syaratnya adalah domain harus terarah ke server hosting.

Redaktur : Armansyah @ Danmogot.com


Artikel Terkait

Viewer : 379 User: