Tips/Carat Untuk Sehat Buat Pria


tanggal post : 14 July 2015
Tips/Carat Untuk Sehat Buat Pria

BELIPULSA.ID- Pria tidak boleh sombong! Jangan angkuh sama perempuan. Ternya tidak hanya perempuan yang mempunyai kelemahan, pria juga punya kelemahan tersendiri. Dalam Karena menurut Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan lembaga terkemuka lainnya, beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan kronis, stroke, diabetes tipe 2 dan bunuh diri adalah penyebab utama kematian para pria di seluruh dunia.
 
Untuk mencegah atau mengurangi risiko tersebut, para pria dianjurkan untuk menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Seorang ahli nutrisi asal Amerika Serikat, Syeda Kiran Zahra Hussain, telah mengeluarkan beberapa tips kesehatan sederhana untuk pria yang dapat diterapkan, seperti dilansir dari Times of India, langsung saja kita simak yang pertama ya: 
 
1. Makan sehat
Makanan bergizi tentu menyediakan berbagai macam vitamin, mineral dan energi. Memilih makanan sehat juga dapat mengurangi kesempatan Anda untuk terkena penyakit tertentu. Sertakan sayuran, buah-buahan dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak dalam pilihan Anda.
 
2. Menjaga berat badan
Menjadi obesitas atau kelebihan berat badan tentu dapat membuat Anda berpeluang menderita stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Cari tahu indeks massa tubuh (BMI) Anda untuk memeriksa apakah Anda berisiko atau tidak. Selain itu, mulailah makan makanan sehat dan atur pola makan Anda.
 
3. Banyak bergerak
Aktivitas fisik secara teratur adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda dapat melakukan latihan yang ringan dan mudah, serta tentunya tidak memberatkan Anda secara rutin.
 
4. Bebas asap rokok
Merokok dikaitkan dengan banyak penyebab utama kematian, seperti stroke, penyakit paru-paru dan kanker. Tidak hanya dianjurkan untuk menjauhi rokok, Anda juga disarankan untuk menghindari paparan asap rokok.
 
5. Pemeriksaan rutin
Berkonsultasi dengan dokter secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Selalu meminta tes skrining untuk kondisi beberapa penyakit, seperti infeksi menular seksual, diabetes, kolesterol tinggi, beberapa jenis kanker dan hipertensi.
 
6. Hindari minuman alkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol tentu telah dikenal tidak baik bagi kesehatan, dimana penggunanya dapat terkena kanker, tekanan darah tinggi, masalah psikologis dan kecelakaan.
 
7. Mengelola stres
Tentu sebagai seorang pria dituntut untuk menjadi tulang punggung keluarga. Hal tersebut membuat pria sangat rentan mengalami stres dalam pekerjaannya. Jadi disarankan untuk selalu bijak dalam mengelola stres Anda dengan cara melakukan hal yang disenangi, namun masih dalam ranah hal yang positif.
 
8. Cukup tidur
Kurang tidur dapat mempengaruhi suasana hati dan kesehatan Anda. Periksa kondisi Anda apabila Anda mengalami masalah pada tidur Anda. Insomnia dan sleep apnea merupakan beberapa gangguan tidur yang umum dialami oleh pria.
 
9. Tahu risiko Anda
Pelajari bagaimana gaya hidup Anda dapat mempengaruhi risiko masalah kesehatan. Misalnya, pria yang bekerja dengan bahan kimia tertentu perlu mengambil langkah-langkah protektif. Belajarlah untuk melacak riwayat kesehatan keluarga dan membicarakan hal ini dengan dokter kesehatan Anda.
 
10. Tetap aman
Keselamatan merupakan hal paling mendasar bagi seorang pria, seperti memakai helm, sabuk pengaman saat mengemudi mobil, mengikuti aturan keselamatan di tempat kerja dan lainnya. Selain itu, selalu mencuci tangan dan rawat gigi Anda secara teratur.
 
 
Redaktur oleh Natalia br Barus
Klik Pulsa Murah  

Artikel Terkait

Viewer : 212 User: