Cara Merawat Mobil


tanggal post : 16 July 2015
Cara Merawat Mobil

Disini saya akan memberikan Tips dan Cara untuk melakukan perawatan mobil yang benar dan sederhana. Tips ini berguna supaya mobil yang anda punya mempunyai mesin yang baik, dan tahu akan cara untuk membuat mobil anda berkilau setiap waktu dan tentunya awet. Lakukan pengecekan secara rutin terutama saat akan melakukan perjalanan yang cukup jauh, kondisi mobil harus benar benar baik dan memang layak untuk melakukan perjalanan tersebut.  

Perhatikan kondisi mesin, ban dan lampu karena tiga bagian tersebut merupakan bagian paling penting terhadap mobil. Melakukan perawatannya pun tidak harus pergi ke bengkel, anda pun bisa melakukan perawatan dasar sendiri.

  • Menjaga Cat Dibody Mobil 

saat ada noda atau kotoran yang berada di mobil anda, sebaiknya anda mencuci dengan sabun atau shampo yang Khusus untuk mobil. Dan jangan lupa untuk menggunakan lap spesial untuk mobil dan dianjurkan untuk menggunakan lapnya secara halus. Dan pada saat malam hari gunakanlah kain penutup mobil, karena pada saat suhu dingin pada malam hari akan memudarkan cat mobil anda.

  • Jauhi Sinaran Cahaya Matahari

Jauhi Sinaran cahaya matahari berguna untuk mempertahankan cat mobil anda, dan cara melindunginya anda dapat menggunakan cat pelindung cahaya matahari.

  • Jauhi Kecepatan Tinggi

Jauhi meningkatkan kecepatan tinggi waktu mengendarai mobil yang baru, lantaran ini bakal mempercepat rusaknya mesin mobil.

  • Pemakaian Transmisi yang Benar

Cocokkan transmisi dengan manfaat yang sesungguhnya, untuk kecepatan yang rendah pakai gigi yang rendah juga, dan begitu pula sebaliknya dengan kecepatan tinggi.

  • Cocokkan Beban Ideal

Cocokkan beban dengan berat beban yang ideal di mobil anda, hidari apabila muatan berlebihan ini akan mobil anda cepat rusak serta dalam berkendara ini bakal jadi bermasalah, lantaran umumnya muatan berlebihan menyebabkan tak stabil serta gampang terjadinya kecelakaan jalan raya.

  • Jauhi Rem Mendadak

Hindari Penggunaan rem mendadak,  ini akan berdampak pada kampas rem mobil anda tak awet, dan juga ini dapat  membahayakan anda dalam berkendara.

  • Ganti oli berkala

Kinerja sebuah mesin sangat bergantung dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima oli mobil selayaknya wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil, pada umumnya penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km. Selain itu pemilihan oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan standar mesin mobil dapat menghindari terjadinya panas yangberlebih pada mesin mobil. Oli sangat berperan penting terhadap ketahanan sebuah mesin mobil, dimana oli memiliki peran menahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin.

  • Bersihkan filter karburasi

Salah satu faktor penyebab mesin mobil terkadang susah untuk dihidupkan antara lain adalah saringan karburasi filter mobil yang kotor. Membersihkan saringan filter karburasi ini tidaklah sulit cukup gunakan sikat gigi untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada sarigan. jangan menggunakan hairdryer atau compressor saat membersihkan filter karburasi hal ini akan beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.

  • Cek cairan radiator 

Peranan radiator sangat penting untuk menetralisir panas mesin mobil. Jika air radiator kosong bukan hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Kekosongan air pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin. Melihat betapa pentingnya radiator terhadap kondisi mesin, maka selayaknya memeriksa air pada radiator mobil anda secara berkala. Pemakaian air radiator yang benar yaitu dengan air bersih. Janganlah pakai air asal-asalan, baiknya anda pakai air dalam paket yang di jual di toko paling dekat. Lantaran bila air yang dipakai untuk isi radiator itu yaitu air yang kotor, jadi kotoran yang ada pada air itu bakal mengendap serta akhirnya bakal menyumbat saluran pendingin di mobil anda.

  • Lakukan Servis yang rutin

Servis di bengkel2 akan membuat mesin tetap awet, hal ini karena pada proses tune up keadaan komponen2 vital yang berhubugan dengan mesin seperti busi,filter bahan bakar dan oli akan terperiksa.Periksa Timing BeltTiming belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda2 gigi yang terhubung ke bagian internal mesin.Timing belt yang rusak ditandai dengan menimbulkan suara2 dengungm yang bising ketika mesin mulai dijalankan.kerusakan timing belt yang di biarkan berlarut akan menyebabkan timing belt tersebut putus dan putusnya timing belt secara tiba2 akan membuat komponen2 tertentu pada mesin rusak.selain itu,suplay listrik pada akumulator bisa tidak maksimal. 

 

HandMade@mnugroho


Artikel Terkait

Viewer : 155 User: