Berita, FunFact, FYI, Menarik

Inilah 6 Fakta Menarik Seputar Mobile Legends


tanggal post : 26 September 2018
Inilah 6 Fakta Menarik Seputar Mobile Legends

Siapa sih yang tak kenal Game Mobile Legends ?  Ya, game yang sering disingkat ML ini memang sedang naik daun di indonesia. Mobile Legends sendiri adalah sebuah permainan piranti bergerak berjenis MOBA (Mortal Online Battle Arena) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Game yang bergenre RPG ini dirancang untuk ponsel Android dan iOS. Dan, kali ini saya akan mengulas beberapa fakta seputar Mobile Legends yang cukup menarik menurut saya. Apa saja faktanya ? Mari kita simak bersama-sama.

1. Kontroversi Hak Cipta
Riot Games, perusahaan yang mengembangkan dan menerbitkan permainan PC League of Legends, mengajukan gugatan pada tanggal 11 Juli 2017 terhadap pengembang Mobile Legends: Bang Bang yaitu Shanghai Moonton Technology ke Pengadilan Negeri California karena telah melanggar beberapa merek dagang dalam game tersebut.
Gugatan tersebut didasarkan atas dugaan pelanggaran atas kekayaan intelektual oleh Moonton, para pengacara Riot Games menuturkan dalam gugatan mereka, bahwa Moonton melakukan pelanggaran atas kekayaan intelektual melaui video game yang mereka kembangkan, yaitu Magic Rush: Heroes Mobile, Legends: 5v5 MOBA (nama terdahulu Mobile Legends: Bang bang), dan Mobile Legends: Bang bang.
Pelanggaran tersebut, antara lain, mengenai aspek logo, karakter, rancangan peta, rancangan hero, dan rancangan monster. Mereka pun melengkapi surat gugatan dengan ilustrasi untuk memperlihatkan aspek-aspek pelanggaran kekayaan intelektual yang dilakukan Moonton.
Moonton kemudian merilis sebuah pernyataan pada hari yang sama melalui halaman Facebook yang mengklaim bahwa "Hak ciptanya telah terdaftar dan dilindungi di banyak negara di seluruh dunia". Selanjutnya diklaim bahwa Moonton memiliki hak kekayaan intelektual dan mengancam tindakan hukum terhadap media dan pesaing karena menyebarkan informasi palsu tentang Montoon dan permainannya.

2. Mobile Legends Untuk OS Android Dirilis Lebih Awal Dari Pada Mobile Legends Untuk iOS
Mobile Legends untuk OS Android (Server Tiongkok dan Indonesia) dirilis pada tanggal 11 Juli 2016. Sedangkan untuk iOS (Server Global) dirilis pada tanggal 9 November 2016. Ini cukup menarik bagi saya karena mengingatkan saya pada game milik SUPERCELL yang bernama Clash Of Clans, yang mana SUPERCELL lebih dulu merilis gamenya untuk iOS sebelum akhirnya merilis gamenya juga untuk OS Android. Sedangkan Mobile Legends justru kebalikannya.

3. Salah Satu Game MOBA Yang Menggunakan Analog
Ya, Mobile Legends memang menggunakan Analog untuk controllernya. Itu mungkin karena Mobile Legend dirancang untuk perangkat mobile yang memang memiliki layar kecil. Namun, hal itu membuat sebagian penggunanya merasa kurang nyaman karena tidak bisa menggerakan hero nya dengan leluasa.

4. Rumor Tentang Perusahaan Moonton Yang Memiliki Kebijakan Diskrimatif, Rasisme, hingga Seksisme
Rahasia ini terungkap setelah salah satu pengguna Reddit yang mengaku mantan karyawan di Moonton mengunggah pengalaman bekerja selama 3 bulan di perusahaan tersebut. Lewat akun Reddit bernama @MobileLegendsBB, ia mengungkap perusahaan memiliki kebijakan diskriminatif, rasisme, hingga seksisme. Rumornya, ia merupakan salah satu tim yang melokalisasi content game, mengelola media social game, dan pengisi suara.
Ia mengatakan, kebijakan perusahaan untuk merekrut pelamar di Moonton sangat dipengaruhi oleh ras dan etnis. Ia menambahkan, perusahaan sempat menolak seluruh pelamar Malaysia - Tionghoa untuk mengisi posisi sebagai penerjemah dari Malaysia dan Tiongkok. Padahal, beberapa pelamar memiliki pengalaman dan latar belakang yang mumpuni.
Tak hanya itu, CEO perusahaan induk Moonton, Elex Tech, memberikan instruksi jelas untuk tidak mempekerjakan orang berkulit hitam karena menurutnya mereka adalah penjahat.
Ini berarti semua staf yang berbicara dengan bahasa Inggris tidak boleh berkulit gelap, namun orang kulit putih akan diberi kemudahan atau kelebihan, karena mereka dianggap mendorong citra perusahaan pengembang game Mobile Legends tersebut. Akan tetapi, ada sumber lain yang mengatakan bahwa akun Reddit tersebut di hack oleh pihak yang belum diketahui identitasnya dan informasi unggahan tersebut tidak benar.

5. Kebiasaan Unik Para Player Mobile Legends
Salah satu kebiasaan yang unik dari para pemain game ini adalah, mereka sering kali mengambil tangkapan (screenshot) layar dari gameplay Mobile Legends pada saat Loading sebelum masuk ke gamenya dan juga pada saat setelah selesai bertanding melawan team lain, dan kemudian mengunggah tangkapan layar tersebut ke media social.

6. Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Dengan Player Terbanyak
Ternyata Indonesia menempati urutan ke-dua pemain terbanyak Mobile Legends di dunia. Karena hal inilah Players Indonesia mendapatkan apresiasi dari Moonton dengan membuatkan karakter Hero yang bernama Gatot Kaca, dan mungkin ini pertama kalinya karakter dari Cerita Budaya Indonesia diadaptasi menjadi sebuah Hero di dalam game.

Itulah 7 fakta menarik seputar mobile legends yang perlu kamu ketahui buat kamu yang gamers.

Sekian dan Terima Kasih. Semoga Informasinya bermanfaat.


Artikel Terkait

Viewer : 224 User: