Ingin Tau Klub Startup Yang Memiliki Klub Hingga USD 20 Miliar, Selengkap Nya!


Ingin Tau Klub Startup Yang Memiliki Klub Hingga USD 20 Miliar, Selengkap Nya!

BeliPulsa - Di era it yang semakin canggih seperti saat ini, sebagian besar orang saling berlomba untuk mendirikan startup. Dulu, startup alias perusahaan rintisan pernah dianggap sukses ketika ia memiliki nilai valuasi USD 1 miliar. Tapi itu dulu, kini valuasi startup semakin hari semakin menanjak.
 
Dari USD 1 miliar tadi, ukuran sukses sebuah startup perlahan merangsak naik menjadi USD 5 miliar dan kemudian USD 10 miliar. Dilansir dari The Wall Street Journal, Jumat (3/7/2015), berdasarkan daftar the billion dollar startup club, saat ini tercatat sudah berjejer startup dengan valuasi lebih dari USD 1 miliar.
 
Pertumbuhan juga terjadi di level perusahaan yang memiliki valuasi USD 10 miliar. Namun, seiring berjalannya, nilai startup terus meroket dimana beberapa di antaranya berada di angka fantastis, lebih dari USD 20 miliar. Startup apa saja yang masuk ke dalam klub USD 20 miliar ini, Berikut daftar nya:
 
 
1. Snapchat
 
Nilai valuasi: USD 16 - 20 miliar, ceo evan spiegel, didirikan 2012.
Snapchat merupakan sebuah aplikasi pesan foto yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim foto dan video kepada lawan chattingnya. Kendati demikian, foto dan video itu secara otomatis akan terhapus dalam setelan periode waktu tertentu.
Total pendanaan: USD 1,2 miliar, Investor: yahoo, kleiner, perkins, benchmark capital, lightspeed venture partners, coatue Management, Sv angel.
 
  
 
 
2. Palantir
 
Valuasi USD 15 miliar. Meski demikian, Palantir baru saja mendapat pendanaan baru sebesar USD 500 juta yang mampu mendongkrak nilai valuasinya hingga USD 20 miliar, ceo alexander karp, didirikan 2004.
Palantir adalah perusahaan perangkat lunak dan layanan yang bergerak di bidang analisis data. Tak bisa dianggap enteng, perusahaan memiliki klien kelas kakap, antara lain CIA dan FBI.
Total pendanaan: USD 1,5 miliar, Investor founders fund, tiger global management, glynn capital management, jeremy stoppelman.
 
  
 
 
3. Airbnb
 
Valuasi USD 25,5 miliar, ceo brian chesky, didirikan 2008.
Airbnb hadir dalam bentuk aplikasi dan situs, airbnb tak lain merupakan sebuah market place untuk orang-orang yang menyewakan ruangan bahkan rumahnya bagi yang membutuhkan.
Total pendanaan: USD 1,8 miliar, investor sherpacapital, vrowe price, founders fund, crunchfund, sequoia capital, andreessen horowitz, global, general catalyst partners, sv angel, dan greylock partners.
 
  
 
 
4. Uber
 
Valuasi: USD 41,2 miliar. Meski begitu, berkat hasil pendanaan terbaru, uber bisa mencapai valuasi sampai USD 50 miliar, ceo: Travis Kalanick didirikan 2009.
Uber merupakan aplikasi pemanggil taksi berpelat hitam alias mobil sewaan. Uber berkolaborasi dengan kendaraan pribadi untuk digunakan oleh penggunanya. Disebut mirip taksi karena mereka menggunakan argo layaknya taksi. Di berbagai negara, uber mendapat tantangan keras karena dianggap melanggar perijinan.
Total pendanaan USD 5,9 miliar, investor benchmark capital, menlo ventures, google ventures.
 
 
 
5. Xiaomi
 
Valuasi USD 46 miliar, ceo lei jun, didirikan 2010.
Xiaomi sepertinya hampir semua penggila gadget kini sudah familiar dengan Xiaomi. Dalam sekejap, penjualan vendor smartphone asal china ini mampu bersaing dengan para raksasa, macam Samsung dan apple. Baru-baru ini, Xiamoi sukses mendaratkan kakinya di Amerika Serikat.
Total pendanaan USD 1,4 miliar, investore digital sky technologies, hopu investment management company, global, capital partners, Qualcomm Ventures, dan morningside group.
 
  
 
 
 
Sumber: IsiPulsa


Redaktur Reza Ananda

Artikel Terkait

Viewer : 1