Inilah Sikap Yang Harus Dimiliki Pemimpin Sukses


tanggal post : 20 October 2015
Inilah Sikap Yang Harus Dimiliki Pemimpin Sukses

Pemimpin (Natural Leader) adalah seseorang yang menggunakan kemampuannya, sikapnya, nalurinya, dan ciri-ciri kepribadiannya yang mampu menciptakan suatu keadaan, sehingga orang lain yang dipimpinnya dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan. Berikut ini merupakan sikap-sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin sukses. dikutik dari wawancara dengan Howard Schultz, CEO Starbucks.

1. Mereka Baik hati tanpa terlihat lemah
Salah satu hal yang paling sulit untuk dikuasai para pemimpin adalah berbuat baik. bisa kita contohkan Schultz yang mendedikasikan US$ 250 juta untuk pendidikan karyawan tanpa pamrih, setelah karyawan Starbucks menyelesaikan gelar, mereka bebas untuk berkarir di tempat lain.

Kebaikan itu tak selalu  berupa memberikan uang bonus atau kenaikan gaji, tapi pujian yang mengapresiasi kinerja bawahan juga bisa membuat anak buah Anda bahagia. 

Hargai ide dan masukan bawahan Anda, beri perhatian kecil kepada mereka, jangan ragu meminta tolong dan mengucapkan terima kasih, tindakan-tindakan ini tidak menunjukkan Anda lemah. Ketulusan yang Anda pancarkan justru akan mencerminkan kebaikan hati Anda. Jangan heran, setelah itu mereka akan menghormati Anda.

2. Mereka kuat tapi tidak kasar
Kekuatan adalah kualitas penting seorang pemimpin. Orang-orang akan menunggu untuk melihat apakah Anda pemimpin yang kuat, sebelum mereka memutuskan untuk mengikuti langkah sang pemimpin atau tidak.

Para bawahan membutuhkan keberanian para pemimpin mereka dan dapat membuat keputusan sulit. Mereka membutuhkan seorang pemimpin yang akan tangguh ketika menghadapi hal-hal yang sulit.

Banyak pemimpin melakukan kesalahan dengan mendominasi, mengendalikan, dan bersikap keras untuk menunjukkan kekuatannya. Jangan berpikir dengan kekuasaan, Anda bisa menginspirasi mereka menjadi pengikut setia.

Kekuatan bukan sesuatu yang bisa memaksa orang-orang, tapi dengan pembuktian kalau Anda ada di tengah-tengah mereka saat di posisi sulit, membantu mereka menyelesaikan masalah.

3. Mereka yakin tanpa sombong
Pemimpin yang penuh percaya diri sangat menarik karena keyakinan itu menular. Namun yang terpenting, pastikan rasa percaya diri Anda tidak tergelincir ke dalam kesombongan dan keangkuhan. Arogansi ini membuat Anda kehilangan kredibilitas.

Biasanya pemimpin besar yang percaya diri masih rendah hati. Mereka tidak mengizinkan prestasi membuat mereka merasa lebih baik dari orang lain.

4. Mereka tetap positif, namun tetap realistis
Tantangan utama lain yang dihadapi para pemimpin adalah menemukan keseimbangan antara menjaga hal-hal yang positif dan masih bersikap realistis. Bayangkan sebuah perahu layar dengan tiga orang di atas kapal: si pesimis, si optimis, dan seorang pemimpin besar. Semuanya berjalan lancar sampai angin tiba-tiba datang menerjang.

Pesimis mengeluh tentang angin; optimis duduk kembali dan mencoba tetap menjaga bersemangat, tetapi pemimpin besar mengatakan, "Kita bisa melewatkan ini!" dan ia mengatur layar dan membuat kapal bergerak maju. Kombinasi yang tepat dari positif dan realisme adalah apa yang membuat hal-hal yang bergerak maju.

5. Mereka tak hanya bicara tapi bertindak
Pemimpin besar menginspirasi bawahannya melalui tindakan mereka, bukan hanya kata-kata mereka. Banyak pemimpin mengatakan integritas adalah penting bagi mereka, tetapi pemimpin besar bertindak dengan menunjukkan integritas setiap hari.

6. Mereka melindungi anak buahnya
Para pemimpin terbaik akan melakukan apa pun untuk tim mereka. Tidak mencoba untuk mencari kesalahan bawahan, menyalahkan bawahan, dan tidak merasa malu untuk mengakui kegagalan serta terus memperjuangkan hak anak buah.

Redaktur : Akhmad Kasan


Artikel Terkait

Viewer : 251 User: