Cuaca Panas, Kesehatan, Air Cooler

Dampak Perubahan Cuaca Ekstrem Bagi Tubuh Kita


Dampak Perubahan Cuaca Ekstrem Bagi Tubuh Kita

Perubahan iklim di bumi akhir-akhir ini cukup ekstrem, pergantian musim terkadang diluar prediksi lembaga terkait. Perubahan cuaca ini tentu menganggu aktivitas sehari-hari ataupun kesehatan. Sebuah penelitian kolaborasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), World Bank, Organisasi Meterolog Dunia PBB (WMO), serta berbagai universitas lainnya di seluruh dunia mengungkapkan bahwa perubahan iklim menjadi salah satu masalah kesehatan global hingga mengakibatkan kematian jutaan penduduk dunia di abad ke-21.

Pemanasan global yang timbul akibat perubahan iklim juga dapat meningkatkan penyebaran penyakit mematikan seperti demam berdarah karena nyamuk dan virus yang dibawanya mampu berkembang biak lebih cepat. Penyakit lain yang ikut meningkat akibat pemanasan global ialah schistosomiasis, penyakit di mana cacing parasit mampu hidup di dalam tubuh dalam jangka waktu panjang dan menyebabkan kerusakan organ seperti ginjal dan hati. Penyebab utama perubahan iklim adalah meningkatnya jumlah gas rumah kaca di atmosfer bumi, yang menyebabkan naiknya suhu rata-rata bumi. Dalam 50 terakhir, laju deforestasi (penebangan hutan) dan pembakaran bahan bakar fosil, seperti minyak, gas, batubara telah secara dramatis meningkatkan jumlah gas rumah kaca di atmosfer bumi.

Di Indonesia yang beriklim tropis ini pada musim kemarau berkepanjangan adalah kondisi yang sangat baik bagi perkembangan bakteri, virus, jamur dan parasit karena kelembaban udara pada musim kemarau cukup tinggi. Mikroorganisme-mikroorganisme tersebut tumbuh dengan sangat subur dan dapat bertahan hidup lebih lama. Kondisi ini menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri dan udara semakin banyak terjadi seperti penyakit kulit akibat jamur. Selain itu, udara yang hangat adalah pertanda bagi bunga untuk melakukan penyerbukan. Umumnya, orang alergi dengan benda-benda kecil seperti serbuk bunga. Sehingga, kondisi ini menyebabkan peningkatan penyakit akibat alergi meningkat.

Perubahan Iklim juga menyebabkan cuaca ekstrim dan sulit ditebak. Di satu wilayah, bisa saja terjadi hujan terus-menerus yang disertai dengan angin kencang dan menyebabkan banjir. Sementara di wilayah lain terjadi kemarau berkepanjangan hingga mengeringkan sawah, ladang dan sumber-sumber air masyarakat. Belum lagi suhu ekstrim yang disebabkan terik matahari dapat membakar kulit.

Cuaca ekstrim seperti hujan kencang yang terjadi terus-menerus akan menyebabkan banjir jika daratan tidak siap menampung limpahan air yang banyak. Kondisi banjir menyebabkan lingkungan kotor dan menjadi lingkungan yang sangat baik bagi sarangga dan nyamuk penyebar penyakit untuk hidup dan bereproduksi. Dengan kondisi seperti ini, kasus penyakit seperti malaria dan demam berdarah dengue akan sangat banyak, sampai pada titik endemik. Sementara kondisi ekstrim lingkungan mempengaruhi daya tubuh manusia sehingga mudah sekali menjadi sakit.

Sedangkan kemarau, akibat peningkatan suhu bumi terus-menerus dapat menyebabkan kebakaran semak dan hutan. Asap yang dihasilkan dari kebakaran sejam dan hutan mencemari udara yang juga berdampak pada kesehatan pernapasan manusia. Dalam kondisi tersebut akan sering ditemukan kasus-kasus seperti Infeksi Pernapasan.

Ketika terjadi kemarau berkepanjangan tentu membuat aktifitas harian kita terganggu, karena terlalu panas kualitas istirahat pada malam hari pun terkadang menurun. Akibatnya aktifitas di siang hari juga menurun kualitasnya. Namun, selama rumah memiliki ventilasi udara yang cukup tentu akan sangat membantu dalam melalui hari hari panas tersebut. Disini, danmogot.com memberikan solusi kepada anda agar tetap merasa nyaman dirumah meskipun cuaca panas menerpa. Produk Air Cooler LFS 100 dengan es batu, yang mampu mengurangi dampak cuaca panas dalam rumah anda. Kapasitas tempat penampungan air dingin atau air es hingga 1 liter membuat efek dingin lebih lama.

Jika anda tertarik untuk melihat dan membeli produk ini, anda bisa langsung kunjungi website kami www.danmogot.com

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CSO kami: 0822 99 777 633 / 0822 111 23 633

Bisa juga langsung datang ke kantor pusat danmogot.com di Jl. Alfalah Gedung Concept.id no 19, Suka subur, Simpang STM, Medan.

Kami akan melayani pembelian offline ataupun online secara baik.


Artikel Terkait

Viewer : 60